Bagi-Bagi Masker Gratis; Menjaga Diri Sendiri Sama dengan Menjaga Orang Lain

52

Bagi-Bagi Masker Gratis; Menjaga Diri Sendiri Sama dengan Menjaga Orang Lain

TANJUNGSARI, SUMEDANG – Kegiatan bagi-bagi masker yang dilaksanakan pada Selasa pagi (14\4) hasil kerjasama Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Kecamatan Tanjungsari dengan Lembaga Penanganan Bencana dan Perubahan Iklim NU (LPBI-NU) berangkat dari kepedulian masyarakat NU terhadap kurangnya kesadaran masyarakat dalam menyikapi pandemi Covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Satgas Relawan Penanganan Covid-19 menyediakan 400 masker kain yang dibagikan kepada para pejalan kaki, pengendara sepeda motor/mobil dan penumpang angkutan umum. Kendati banyak yang menilai kurang efektif dan memperdebatkan kegiatan tersebut, bagi-bagi masker gratis pada masyarakat tetap dirasa perlu.

“(Pembagian masker kain ke masyarakat yang membutuhkan) karena kita berusaha untuk memastikan agar surgical mask dan masker n95 diserahkan ke tenaga medis dan ahli yang membutuhkan,” ungkap salah seorang relawan yang enggan disebutkan namanya.

Kegiatan yang diadakan di depan Mesjid Besar Tanjungsari itu mendapat respon positif dari masyarakat setempat karena meskipun anjuran untuk menggunakan masker telah diketahui, namun kesadaran untuk memakai masker masih sangat kurang.

“Dalam situasi pandemi ini, menjaga diri sendiri sama dengan menjaga orang banyak; menjaga kemanusiaan. Dengan menggunakan masker dan menjaga kebersihan tubuh, kita turut berpartisipasi mencegah Covid-19 menyebar,” lanjutnya.

Reporter: Ahmad Nashiruddin