Ansor Kota Bandung: Selamat Jalan Komandan!

97

Ansor Kota Bandung: Selamat Jalan Komandan!

Berpulangnya Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser, H. Alfa Isnainni, 11 Maret 2020 lalu, membuat keluarga Banser se-Dunia berduka. Termasuk Banser dan Ansor Kota Bandung. Pada hari yang sama, mereka menyelenggarakan tahlilan di Sekretariat Ansor Kota Bandung, Jalan Yudha no 3 Kota Bandung.

“Selamat jalan komandan. Ini adalah duka bagi seluruh keluarga Banser se-Dunia. Karena Banser tidak hanya di Indonesia, di beberapa negara, ada cabang istimewa NU, tentu ada juga Banser,” kata Ketua Ansor Kota Bandung, Aa Abdul Rozak.

Rozak menceritakan, jika Almarhum adalah orang yang sepanjang hidupnya berkhidmat untuk Nahdlatul Ulama. Maka dari itu, kepergian beliau adalah kehilangan besar bagi Nahdlatul Ulama, khususnya Banser.

“Beliau memulai perjuangan dari Ketua IPNU Kecamatan di Tulungagung, dan sampai akhirnya hayatnya sebagai Komandan Banser Nasional,” kata Rozak.

Untuk itu, sesuai dengan instruksi Pimpinan Pusat GP Ansor, Ansor Kota Bandung dua hari berturut-turut ini menyelenggarakan doa dan tahlilalan bersama, untuk mendoakan almarhum. Selain itu Rozak juga mengintruksikan kepada seluruh PAC Ansor Se-Kota Bandung untuk menggelar doa dan tahlilalnan bersama.

“Kami berdoa semoga almarhum husnul khotimah, dan insyalloh diukui sebagai murid dari hadratus syeih KH. Hasyim Asyari. Kemarin kita tahlilan di Sekretariat Ansor, hari ini Kita Tahlilan di Pon Pes Sukamiskin,” ujar Rozak, Kamis 12 Maret 2020.

H. Alfa Isnaini dikabarkan meninggal karena serangan jantung pada usia 53 tahun. Pria asal Tulungagung Jawa Timur itu, semula diketahui sedang berada di Jakarta untuk mempersiapkan sejumlah acara di kantor PBNU, dan dijadwalkan akan mengisi kegiatan di PC Ansor Indramayu.

Karir organisasi Alfa Isnaini dimulai dari bawah. Dari tingkat kecamatan hingga sampai ke wilayah nasional. Alfa Isnaini pernah menjabat sebagai Ketua Pimpinan Anak Cabang IPNU Kecamatan di Kabupaten Tulungagung Periode 1984-1987, kemudian Ketua PC Ansor Tulungagung, Ketua PW Ansor Jawa Timur, hingga jabatan pada akhir hayatnya Komandan Banser se-Indonesia.

Pengabdian Alfa Isnaini kepada NU tidak dipertanyakan lagi, berkatnya Banser berkembang pesat dari segi jumlah kenggotaan, dan masif dalam pergerakan berjuang membela ulama dan NKRI.