86 TAHUN HARLAH ANSOR PC GP ANSOR KAB. SUKABUMI ADAKAN AKSI DONOR DARAH

20

Rabu, 22 April 2020, bertempat digedung kesekretariatan Nahdlatul Ulama Kabupaten Sukabumi, sekitar pukul 09.00 s.d 12.00 WIB PC GP Ansor Kabupaten Sukabumi mengadakan kegiatan peduli kesehatan dengan PMI Kabupaten Sukabumi. Kegaiatan ini dimaksud sebagai bagian dari serangkaian kegiatan yang sebelumnya telah diagendakan untuk memeriahkan peringatan hari lahir ansor ke 86 tahun pada tanggal 24 april 2020 mendatang.

Gus Farhan Zayyid sebagai pimpinan PC GP Ansor Kabupaten Sukabumi, menambahkan bahwa kegiatan donor darah yang hari ini dilaksanakan merupakan bentuk respectivitas GP Ansor Kabupaten Sukabumi terhadap pentingnya aspek kesehatan, terlebih hari ini kita sedang diberikan ujian berupa mewabahnya pandemi Covid-19. “Kesehatan merupakan bagian dari kebutuhan manusia yang tidak bisa disepelekan, mengingat pentingnya kesehatan, jauh sebelumnyapun, Nabi Muhammad SAW telah mengingatkan kita sebagai umatnya untuk selalu berperilaku sehat, – Kebersihan sebagian daripada iman”. Pungkasnya.

Ada sekitar 30 orang yang mengikuti kegiatan donor darah ini, peserta yang terlibat terdiri dari berbagai unsur, mulai dari tingkat pelajar atau santri sampai tingkat para ustadz maupun kiyai yang ada dilingkungan kesekretariatan GP. Ansor Kabupaten Sukabumi.

Keterlibatan dari para pendonor tidak dibatasi jumlahnya. Selama memenuhi standar kesehatan yang ditentukan PMI yang bertugas, maka siapa saja diperbolehkan ikut serta mendonor darah. Akan tetapi, ternyata masih banyak kalangan masyarakat yang belum memahami pentingnya mendonor darah untuk kesehatan, sehingga hal ini mengakibatkan kecenderungan rasa takut dan khawatir masyarakat untuk melakukan donor darah. Padahal, sebagaimana anjuran pakar kesehatan seharusnya donor darah dilakukan paling tidak tiga bulan sekali. Hal ini dianjurkan agar memperlancar sirkulasi dan regenerasi darah yang ada dalam tubuh.

Beliau juga menambahkan bahwa dalam memperingati harlah GP Ansor yang ke 86 tahun ini, PC GP Ansor pun telah melakukan aksi-aksi sosial keagamaan dan kebangsaan diberbagai wilayah yang ada di Kabupaten Sukabumi melalui struktural organisasi.

“Menurut informasi dari Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Sukabumi, stok darah di PMI jauh berkurang di tengah pandemi Covid-19 ini. Oleh karena itu, PC GP Ansor dan Satkorcab Banser Kabupaten Sukabumi melakukan aksi donor darah sekaligus dalam rangka Harlah GP Ansor ke 86” ucap Gus Farhan di sela-sela waktu selesai kegiatan.

Aksi tersebut dilaksanakan secara serentak oleh Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Cabang GP Ansor Se-Jawa Barat yang diikuti oleh kader Ansor Banser, Pengurus PC NU dan rekan-rekan IPNU di wilayah masing-masing.

“Donor darah ini bentuk kepedulian Ansor Banser kepada sesama dan respon atas kekurangannya stok darah di PMI Kabupaten Sukabumi. Setetes darah akan menyelamatkan banyak nyawa. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan oleh PC GP Ansor Kabupaten Sukabumi dan PW Ansor Jawa Barat,  dan menjadi contoh baik untuk kita semua. Semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa meridhoi setiap langkah gerak perjuangan kita. Al-Fatihah.” Tutupnya.