Weekend…Ansor Tasik Kenang Para Pejuang Kemanusiaan

Tasikmalaya, (Ansorjabar Online)

Peringatan Haul KH. Abdurahman Wahid atau Gus Dur yang ke-7 digelar oleh PC GP Ansor Kabupaten Tasikmalaya, Jum’at (24/12), bertempat di Kantor PCNU, Singaparna.

Acara yang dihadiri oleh ratusan kader Ansor dan Banser ini diawali dengan tawasul dan tahlil yang dipimpin oleh Perwakilan PCNU.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan riwayat perjuangan Gus Dur dan juga pemutaran Film Seorang Banser Riyanto yang tewas akibat ledakan bom dalam pengamanan perayaan natal disebuah gereja di Mojokerto.

Ketua Ansor Kabupaten Tasikmalaya Asep Muslim mengatakan Gus Dur merupakan seorang guru bangsa yang secara konsisten memperjuangkan demokrasi bagi rakyat Indonesia. Perjuangannya demikian, karena Gus Dur sangat menjungjung tinggi nilai kemanusiaan yang disandarkan pada ajaran Islam yang kuat.

“Jika tanpa kegigihan alm Gusdur belum tentu kita dapat menghirup udara kebebasan seperti ini. Konsistensi dan perjuangannya dalam membela kemanusiaan ini harus diteladani oleh kader Ansor, agar kita semua diakui sebagai santrinya”, kata Asep.

Dan Riyanto, lanjut Asep, merupakan santri yang telah mengamalkan ajaran Gus Dur yang rela berkorban demi membela kemanusiaan.

“Dengan penuh tanggungjawab Riyanto telah membuktikan pembelaanya. Dia rela berkorban hingga nyawa dirinya senditi untuk menyelamatkan nyawa banyak orang. Mudah-mudahan Riyanto diterima Iman dan Islamnya”, imbuhnya. (rus).

comments