Universitas Selangor Malaysia Sambut Kerjasama Pengembangan Kemahasiswaan PTKIN

43

Universitas Selangor Malaysia Sambut Kerjasama Pengembangan Kemahasiswaan PTKIN

Selangor–Universitas Selangor Malaysia menyambut gembira pelbagai inisiatif kerjasama untuk pengembangan kemahasiswaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Pernyataan itu disampaikan Prof. Dr. Zaidi Hajazi Direktur Kemahasiswaan Unisel saat menerima kunjungan 75 civitas akademika PTKN dalam program student mobility prigram yang di inisiasi oleh Kementerian Agama RI.

Kerjasama dimaksud lanjut Zaidi bermakna luas bisa terkait dengan student exchange, teacher exchange, colaboratif research, capasity building, penguatan tenaga kepandidikan dan program kemahasiswaan lainnya.

“Program studen exchange bisa dijadikan transfer kredit untuk beberapa mata kuliah di kampusnya masing-masing”, lanjut Zaidi.

Terkait dengan demonstrasi mahasiswa, Unisel tidak melarang tetapi tetap sesuai dengan aturan dan etika. “Unisel adalah satu-satunya kampus di Malaysia yang membolehkan demonstrasi tetapi untuk mengkritisi persoalan publik dan issu-issu internasional” terang Zaidi.

Syafriansyah Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan memberikan apresiasi positif atas ajakan Unisel menguatkan jaringan kerjasama. “Kementerian Agama melalui Direktorat PTKI menyambut gembira kalangan PTKIN menjalin kerjasama penguatan mahasiswa dengan PT di luar negeri”.

Sementara itu Waryono Ketua Wakil Rektor III PTKIN se Indonesia mengatakan student mobility program adalah bagian penting dari PTKIN menjalin kerjasama dimaksud untuk mengantarkan calon pemimpin bangsa menjawab tantangan global.

Dalam bidang administrasi akademik, PTKIN bisa mencontoh Unisel yang melakukan kontrol dosen yang tidak mengajar dengan cara mahasiswa bisa langsung melapirkan ke pimpinan melalui SMS, tambah Waryono.

Untuk diketahui, Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam mengajak Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan PTKIN se-Indonesia ke Luar Negeri dalam program Studen Mobility Program (SMP).

75 peserta SMP akan mengunjungi dan belajar bersama ke Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Universitas Selangor Malaysia, College Pendidikan Tinggi Al-Zuhri Singapura dan Fathony University Thailan. Selain itu akan diajak melihat situs sejarah, kebudayaan dan seni budaya.

Studen Mobility Program dilaksanakan mulai 25 November- 1 Desember 2018 juga diikuti oleh 20 Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN se Indonesia. (RB).

comments