Unik Kontingen Perkemahan Wirakarya IAIN Metro Langsung Terjun Bhakti Sosial di Masjid

134

PEKANBARU, ansorjabar online – Kontingen Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) Se-Indonesia satu persatu mulai berdatangan di Bumi Perkemahan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Salah satunya kontingen dari IAIN Metro Lampung yang tiba pada Selasa (01/05) Pukul 13.30.

Sangat unik, begitu sampai di Pekanbaru, Kontingen Pramuka IAIN Metro, langsung bertolak menuju Masjid Thariq Al-Jannah untuk melakukan Kerja
Bhakti bersih-bersih Masjid sebagai bentuk syukur untuk memulai kegiatan PW PTK XIV Tahun 2018.

Rombongan terdiri dari 18 orang Racana Raden Inten II dan Putri Kandang Rarang dengan didampingi dua orang Pembina Pendamping dan beberapa personil lainnya.

Kegiatan kerja bhakti masjid yang terletak 2 Km dari Kampus UIN Suska Riau ini di pimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama sekaligus Ketua Kontingen Ida Umami dan Pendamping Putri Sri Andri Astuti.

Bak gayung bersambut, Febrian Effendi Ketua RT Kelurahan Tuah Madani Kec. Tampan, Pekanbaru menyambut rombongan dengan suka cita dan simpatik.

“Saya bersyukur dan terimakasih atas inisiatif adik-adik Pramuka IAIN Metro Lampung melakukan kerja bhakti di masjid kami”, kata Feri.

Feri berharap masjid bisa selalu ramai dan menjadi ladang ibadah bagi masyarakat sekitar.

“Momen ini sangat tepat, kerja bhakti dilakukan menjelang Bulan Puasa, sehingga akan menambah kekhusyu’an orang beribadah” tandas Feri.

Dengan dibantu segenap elemen masyarakat, mahasiswa Kontingen Pramuka IAIN Metro melakukan kerja bhakti.

Dimulai dari pengecatan tembok masjid, bersih-bersih halaman sampai dengan ramah tamah dengan masyarakat sekitar.

Ida Umami Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama mengatakan, perhatian civitas akademika terhadap masjid sangat penting, di samping sebagai tempat ibadah umat muslim juga sebagai tempat untuk memulai setiap bentuk kegiatan kemahasiswaan.

Tujuan dari bhakti sosial ini lanjut Ida Umami adalah untuk memperoleh keberkahan yang lebih besar dalam mengikuti proses PW PTK di UIN Susko Riau.

“Bermula dari masjid dan berakhir di masjid adalah hal yang substansial” ujar Ida.

Ida Umami menerangkan, selain melakukan kerja bhakti, IAIN Metro juga menginfaq-kan beberapa kaleng cat, 4 gulung hambal sajadah dan 19 Al-Qur’an untuk masjid Thariq Al-Jannah.

Rektor IAIN Metro Enizar mendengar langkah spontan anak didiknya merasa bangga.

“Apa yang dilakukan mahasiswa kami di Riau, semoga memberikan dampak postif, membawa keberkahan bagi lembaga, mahasiswa dan masyarakat.

Syafriansyah selaku Wakil Ketua Panitia PW PTK XIV 2018 merasa salut dan memuji kontingen Pramuka IAIN Metro Lampung.

“Bhakti sosial bersih-bersih masjid langkah brillian dan laku sosial yang sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar kampus”. Kata Syafri.

Kontingen pertama di Buper UIN Suska Riau adalah dari Racana Pramuka IAIN Bone pada hari Senin, 30 April 2018 Pukul 11.40 di susul IAIN Ternate pada Pukul 16.20 menggunakan pesawat udara.

Kontingan Pramuka dari STAI Selat Panjang Pukul 16.30 via pelabuhan dan IAIN Langsa Aceh Pukul 22.00 dengan perjalanan darat.(RB).

Comments

comments