Tips dan Trik Membiasakan Membaca ala SASAMABISA

67

Tips dan Trik Membiasakan Membaca ala SASAMABISA
Muhamad Dadan Nurdani
Belajar dilihat dari urgensinya bukan lagi dianggap sebagai suatu kewajiban melainkan lebih kepada kebutuhan untuk kehidupan manusia. Untuk meningkatkan derajat atau kualitas kemanusiaannya manusia perlu untuk belajar. Bahkan belajar adalah bagian dari kehidupan manusia itu sendiri. Maka, dengan demikian kentara jelas membaca sebagai unsur terpenting dalam belajar adalah kebutuhan manusia itu.
kata “membaca” sebagai urat nadi belajar kadang tidak semenarik kebutuhan manusia lainnya. Kadang orang merasa risih dengan kata membaca ini. Lebih-lebih mereka bersembunyi dibalik kata “saya lebih suka mendengarkan ketimbang membaca, saya tidak suka membaca”. Pertanyaannya, bagaimana mungkin seseorang belajar tanpa membaca. Apalagi mereka yang pekerjaan hakikatnya adalah belajar.
Dari terpaksa menjadi biasa, dari bisa menjadi biasa. Mungkin pepatah yang layak untuk dikedepankan dalam masalah ini. Sebagai motivasi diri yang harus senantiasa dipegang dalam membiasakan diri unruk membaca. Karena tidak ada orang yang dilahirkan langsung dapat menyukai membaca, semuanya ada karena proses pembiasaan.
Sedikit berbagi tips dan trik dalam membiasakan belajar oleh komunitas SAMABISA (Sahabat Membaca Bintang Sembilan)
1. Mensugesti diri dengan kata “aku butuh membaca”
Stigma awal ketika membaca adalah kesan awal yang akan mempengaruhi proses membaca. Hilangkan pikiran horor yang menghantui bahwa membaca adalah rutinitas yang menyebalkan dan membosankan. Pikiran ini yang biasanya menghambat untuk memulai belajar membaca. Anggaplah membaca itu hal yang menyenangkan.
2. Membaca dari hal yang paling disukai
Ketertarikan menjadi titik awal untuk melakukan terus menerus pekerjaan manusia. Sama halnya dengan membaca, dengan memilih bahan bacaan yang membuat kita tertarik adalah langkah awal yang sangat bagus untuk terus terbiasa membaca, karena akan mendorong untuk terus melakukannya berkali-kali
Mencari Hal yang paling menarik dari yang dibaca
Tahapan ini adalah tahapan yang akan mempengaruhi dan membimbing tahapan mencari lagi bahan bacaan yang akan dibaca. Karena kalau sudah tertarik mau tidak mau akan mendorong untuk mencari lagi bahan yang lain dan akan mencari terus menerus.
3  Jangan Terlalu Bernafsu untuk Faham
Tahapan ini juga menjadi sangat penting artinya, karena tahapan terakhir ini akan menghindarkan kita dari nafsu untuk segera memahami. Kalau nafsu ini tetap ada ini akan banyak memakan energi sehingga akan cepat menyebabkan kelelahan atau membuat kita harus mengulangi lembaran itu. Proses membaca kita akan terhambat dan bayangan aktifitas yang memjemukan itu kembali muncul di kepala.
5. Mulailah dari sekarang dari limat menit pertama
Ini tahapan yang amat penting juga, karena mau sebagus apapun motivasi dan tips trik yang kita gunakan sangat sedikit sekali artinya jika tidak pernah kita mulai. Jadi mulailah dari satu lembar pertama, dari lima menit pertama.
Sekian dari kami, semoga dapat menambah kepercayaan diri untuk membaca, memotivasi belajar. Meskipun uraian ini bukan dalam tataran dialog teoritis, ini hanya gambaran praksis dari yang kami alami selama ini.

Salam Baca !!!
Sahabat Membaca Bintang Sembilan

Comments

comments