Tanam Kepedulian Kampung Halaman, Kembara Rekrut Anggota Baru dari Delapan Kampus

363

Cililin-, Keluarga Mahasiswa Bandung Barat (Kembara) kembali menyelenggarakan rekrutmen anggota baru  bagi mahasiswa yang berasal dari 16 kecamatan se Bandung Barat, Jum’at-Minggu (09-11/12), bertempat di Kantor Desa Batulayang, Cililin, Bandung Barat.

Kagiatan yang dinamakan Masa Taaruf Anggota Kembara (Matakembar) ini diikuti oleh 58 orang peserta dari delapan kampus yang tersebar di wilayah Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

“Semua peserta ini merupakan mahasiswa yang berasal dari delapan kampus se Bandung Raya dengan latar belakang disiplin akademik yang berbeda”, kata panitia pelaksana Andre.

Dikatakan oleh Andre, matakembar angkatan ke 14 ini diikuti para peserta mahasiswa asal Bandung Barat dari kampus UIN Bandung, UPI, STKIP Siliwangi Cimahi, Unjani, Uninus, Universitas Bale Bandung (UNIBBA), Stikes Rajawali, dan UT Gadobangkong.

Kegiatan Matakembar ini, lanjut Andre, untuk memperkuat identitas mahasiswa Bandung Barat bahwa dalam dirinya, selain ada tanggungjawab akademik juga melekat tanggungjawab sosial kepada kampung halamannya.

“Anggota kembara harus percaya diri bahwa dirinya anak-anak kampung dari segenap pelosok desa di Bandung Barat, melekat tanggungjawab sosial dan kebudayaan untuk memajukan lemah cainya sendiri. Dia adalah agen masyarakat dari basis sosial dimana ia berangkat. Jangan sampai menempuh kuliah di perguruan tinggi di kota malah memecah identitas sosial dan kebudayaannya sebagai anak kampung” jelas Andre.

Dengan ragam disilin akademik yang beragam ini, menurut Andre, merupakan potensi sumberdaya yang baik bagi masa depan Bandung Barat. keterlibatannya dikembara dalam upaya untuk terus memupuk kepedulian terhadap daerah asal masing-masing.

“Kami mengajak segenap peserta untuk bersama-sama menjaga dan memajukan kampung halaman masing-masing, dan satu saat manakala tuntas belajar dikampus untuk kembali ke kampung halamannya”Pungkas Andre.  (Dede/Rus).

comments