Spektakuler, Pembukaan PIONIR ke IX 2019 Menyihir Para Penonton

2

Spektakuler, Pembukaan PIONIR ke IX 2019 Menyihir Para Penonton

Malang (Kemenag) – Upacara pembukaan Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke IX tahun 2019 berlangsung luar biasa meriah. Pertunjukan demi pertunjukan bergilir menyita perhatian para penonton dan tamu undangan.
Pembukaan PIONIR ke IX tahun 2019 digelar di lapangan utama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Senin (15/07/2019). PIONIR merupakan even dua tahuan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Dit. PTKI Kemenag RI.

Menurut Wakil Rektor III UIN Malang, Isroqunnajah Ahmad bahwa ini merupakan even pembukaan pertama kali yang diselenggarakan di malam hari. “Dengan komposisi lighting yang cukup apik membuat suasana malam pembukaan menjadi sangat spektakuler”, jelasnya.
Pembukaan acara semakin sempurna dengan lagu Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci al-qur’an yang dibawakan dengan peuh hikmat.
Suasana kota Malang yang cukup dingin dengan angin malam yang menusuk menembus kulit semakin menambah suasana malam semakin syahdu.

Para peserta semakin histeris ketika atraksi kembang api mulai mengudara usai pembukaan resmi yang dilakukan oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dengan memencet tombol sirine tanda dimulainya PIONIR ke IX secara resmi.

Menurut Lukman misi utama dari PIONIR adalah memperkuat tali silaturahmi kebangsaan. PIONIR harus menjadi sarana perekat tali asah, tali asih dan tali asuh antar sivitas akademika UIN, IAIN dan STAIN. “PIONIR juga harus dijadikan momentum rekonsiliasi nasional untuk menguatkan kembali tali’” Pinta Lukman.

Sebagai informasi, PIONIR tahun ini diikuti oleh para kontingen dari 58 PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) seluruh Indonesia dengan jumlah atlet 3.280 yang akan bertanding di 38 venue yang tersebar dibeberapa titik. Panitia PIONIR juga bekerja sama dengan KONI dan Kemenpora terkait dengan dewan juri/wasit.
(alip)

comments