Sosialisasi Hasil Pengawasan Pilkada Indramayu 2020 di Gelar oleh Panwascam Kandanghaur

25

Sosialisasi Hasil Pengawasan Pilkada Indramayu 2020 di Gelar oleh Panwascam Kandanghaur

Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kandanghaur menggelar kegiatan Sosialisasi Hasil Pengawasan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu tahun 2020 kepada publik, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Rabu (20/01/2021).

Sosialisasi yang dibuka oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Kandanghaur itu turut menghadirkan Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (Hubal) Pimpinan Bawaslu Kabupaten Indramayu, Supriadi, dan perwakilan dari unsur Forkopimcam Kandanghaur.

Kegiatan tersebut diikuti 20 orang peserta yang berasal dari perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan di Kecamatan Kandanghaur.

Ketua Panwascam Kandanghaur, yang juga sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di STIT Al Amin Indramayu, Waryani menjelaskan, penyelenggaraan sosialisasi hasil pengawasan Pilkada tersebut bertujuan sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada publik mengenai hasil kepengawasan selama penyelenggaraan Pilkada 2020, sekaligus memberikan pemahaman kepada para peserta terkait tugas, fungsi serta Kewenangan Panwascam.

“Para peserta diberi pemahaman tentang hasil pengawasan kami dari jajaran Panwascam. Khususnya mengenai prosedur pengawasan, dan upaya-upaya terkait penanganan pelanggaran pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Indramayu tahun 2020 di wilayah Kecamatan Kandanghaur bersamaan dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19,” jelas Waryani.

Waryani menerangkan, negara menjamin hak politik bagi semua warganya tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun. Negara juga menjamin agar warga negara berhak tahu mengenai proses dan hasil dari penyelenggaraan Pilkada secara transparan melalui bentuk sosialisasi. Menurutnya, dalam konteks inilah kegiatan tersebut diselenggarakan.

“Pada Pilkada tahun 2020 ini, akses untuk informasi dibuka selebar-lebarnya kepada publik. Termasuk menerima dan menindaklanjuti segala bentuk aduan dari semua pihak terkait adanya dugaan pelanggaran dalam tahapan Pilkada. Sebagai institusi pengawasan, kami berperan di situ,” terang Waryani.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan kepada Peserta dan jajaran Forkopimcam, bahwa, lembaga yang tengah dipimpinnya telah mendapatkan Peringkat Terbaik se-Kabupaten Indramayu dalam ajang Bawaslu Award 2020 pada kategori penanganan pelanggaran di Pilkada Indramayu tahun 2020.

“Alhamdulillah, berkat adanya koordinasi dan sinergitas yang baik dan terjalin antara semua elemen, baik dengan Bawaslu Kabupaten Indramayu, Forkopimcam Kandanghaur, dan dengan pihak-pihak terkait yang ada di Kecamatan Kandanghaur, kami bisa bekerja dengan tetap mengutamakan regulasi,” tutup Waryani.

Ditempat terpisah, ketua PC IPNU Kabupaten Indramayu Periode 2010/2012 yang juga Kepala SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng, Amin Hidayat, mengapresiasi kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Indramayu Tahun 2020 yang dinilainya telah berjalan tertib dan aman walaupun masih banyak kekurangan.

“Salah satu indikator keberhasilan kerja tidak adanya gugatan ke MK (Mahkamah Konstitusi-red) dari paslon,” ucap Amin, sa’at dihubungi via telepon.

Amin mengatakan, Hasil pemilihan pilkada serentak kabupaten Indramayu telah melahirkan pemimpin baru, menurutnya, masyarakat menunggu kerja nyata untuk mewujudkan visi dan misi dari Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu terpilih dalam rangka mensejahterakan masyarakat Indramayu.

Dengan sosialisasi tersebut, lanjut Amin, para peserta dapat memperoleh pengetahuan seputar hasil pengawasan yang telah dilakukan selama tahapan Pilkada serentak berjalan. Berbekal pengetahuan tersebut, peserta sosialisasi dapat mengetahui kinerja Panwascam Kandanghaur dalam mengawal proses Pilkada di Kabupaten Indramayu.

“Kami harapkan pasca kegiatan ini, seluruh stake holder yang diwakili oleh peserta sosialisasi bisa mengetahui hasil kinerja kami di lapangan pada pelaksanaan Pilkada. Selain itu, ini juga sebagai bentuk tanggung jawab kami sebagai upaya transparansi kepada publik. Karena pada dasarnya, semua lapisan masyarakat harus mengerti bahwa pentingnya pengawasan dalam setiap gelaran pesta demokrasi harus hadir,” pungkas Amin.

comments