Songsong Perkemahan Wirakarya UIN Jambi Gelar Lomba Susur Halang Rintang

13

Songsong Perkemahan Wirakarya UIN Jambi Gelar Lomba Susur Halang Rintang

Jambi—Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XIV yang diperuntukan bagi pramuka pada Perguruan Tinggi Keagamaan akan diselenggarakan pada tanggal 3-10 Mei 2018 di UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Untuk menyongsong perhelatan akbar dikalangan Gerakan Pramuka Perguruan Tinggi Keagamaan ini, Racana Sulthan Thaha dan Sri Soedewi Pangkalan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menyelenggarakan Lomba Susur Halang Rintang Pramuka (LSHRP) ke-14.

Fadilah Husain Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama mengatakan lomba Susur Halang Rintang digelar dalam rangka warming up adik-adik Pramuka Pandega UIN Jambi yang akan berpartisipasi dalam ajang PWN PTK pada Mei mendatang di UIN Suska Riau.

Kegiatan LSHRP ke-14 diikuti oleh Pramuka Penegak se-Provinsi Jambi, kata Fadhilah Husain diharapkan mampu membentuk dan mengembangkan pribadi anggota pramuka yang berahlak dan bermoral, mengembangkan kreativitas, cinta budaya, bertanggung jawab dan berprestasi.

Lebih lanjut Alumni Program Doktor Universitas Negeri Jakarta ini menegaskan Gerakan Pramuka dapat dijadikan wahana membina diri dalam proses kaderisasi kepemimpinan, mengembangkan kepedulian dan komitmen pada nilai-nilai kebangsaan.

Lomba Susur Halang Rintang Pramuka dilaksanakan pada tanggal 26-31 Maret 2018 di Bumi Perkemahan Raudhah Al-Thalabah UIN Jambi. Tidak kurang 1.164 anggota Gerakan Pramuka Tingkat Penegak yang berpangkalan di SMA/SMK/MA dalam jajaran Kwartir Daerah Jambi ikut ambil bagian dalam perlombaan ala pramuka ini. Perincian peserta Putra dan Puteri yang berasal dari 39 Gudep adalah 780 orang ditambah Pembina Pendamping (Bindanping), partisipan dan panitia penyelenggara.

Keiatan yang mengambil tema “Bersatu, Berkarya dan Berbudaya Menginspirasi untuk Negeri” dinilai oleh Kak Fadhilah Husain amat positif terutama untuk mempersiapkan beragam kegiatan yang akan dilakukan dalam Perkemahan Wirakarya PTK nantinya.

Ketua Reka Kerja Diki Agung Tristiyono UIN Jambi mengatakan PWN PTK bagi kami sangat penting dan strategis, karenanya kami persiapkan dengan baik terutama dalam hal penataan mental, teknik kepramukaan dan berbagai penajaman kegiatan bhakti.

Diki menambahkan Lomba Susur Halang Rintang kami jadikan untuk mengasah kemampuan manjerial Racana UIN Jambi sekaligus menajamkan kemampuan teknis kepramukaan guna mempersiapkan kepesertaan Perkemahan Wirakarya.

Selain persiapan yang dilakukan oleh masing-masing Gudep yang berpangkalan di PTKIN, Panitia PWN PTK XIV telah melakukan persiapan fisik, koordinasi dengan berbagai pihak, Audiensi dengan Menteri Agama dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka serta pada tanggal 29-31 Maret 2018 akan menyelenggarakan FGD Persiapan PW PTK di Riau. (RB)

comments