SMP Hidayatun Nasyi’ien Krangkeng, Ikuti Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah

SMP Hidayatun Nasyi’ien Krangkeng, Ikuti Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Hidayatun Nasyi’ien mengikuti kegiatan penilaian prestasi kinerja Kepala Sekolah yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu. Bertempat di SMP setempat, Desa Kedungwungu, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada hari Selasa (28/9/2021) kemarin.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan saja, hal itu dikarenakan masih dalam masa pandemi Covid-19, yakni, 10 peserta didik, staf TU, guru, pengurus yayasan, pengurus komite sekolah, serta dua orang pengawas sekolah, H. Buserih dan H. Rakhmat Priyanto.

Kepala SMP Hidayatun Nasyi’ien yang juga pelaksana tugas (PLT) kepala SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng, Amin Hidayat menerangkan, penilaian prestasi kinerja Kepala Sekolah adalah kegiatan yang dilakukan untuk menunjukkan proses dan hasil kerja yang dicapai oleh kepala sekolah itu sendiri, baik kualitas maupun kuantitas, ketepatan waktu kerja, dan sebagainya sesuai permendiknas nomor 35/2010.

“Alhamdulillah kita bisa melaksanakan kegiatan ini dengan baik,” ucapnya

Amin mengatakan, Penilaian prestasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugasnya, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu.

“Standar pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu unsur strategis dalam peningkatan mutu,” katanya.

Fokus utamanya adalah, lanjut Amin, bagaimana meningkatkan kemampuan professional kepala sekolah secara terencana melalui proses perbaikan mutu secara berkelanjutan, perkembangan mutu perlu dipetakan secara berkala sehingga terwujud profil kepala sekolah berbasis data hasil pengukuran.

“Permendiknas nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah dan permendiknas nomor 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah pasal 18 menyatakan bahwa, penilaian prestasi kerja kepala sekolah dilakukan setiap tahun,” tutupnya.

comments