SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng Gelar Sosialisasi dan Bimtek Akreditasi Tahun 2021

SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng
Gelar Sosialisasi dan Bimtek Akreditasi Tahun 2021

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatul ‘Ulama (NU) Krangkeng bekerja sama dengan Forum Komunikasi Kepala SMK (FKK SMK) Swasta Kabupaten Indramayu, menggelar kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Akreditasi SMK Tahun 2021, bertempat di SMK NU Krangkeng, Senin (21/6/2021).

Selaku pemateri diisi dari pengawas sekolah dan Asesor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat serta dihadiri oleh 18 Operator Sekolah, 18 Kepala SMK Swasta, dan Pengurus FKK SMK Swasta Kabupaten Indramayu.

Kepala SMK NU Krangkeng yang juga Wakil Sekretaris MWC NU Krangkeng, Amin Hidayat mengatakan, pentingnya legitimasi lembaga pendidikan atau satuan pendidikan tingkat SMK di wilayah Kabupaten Indramayu dikarenakan sebagai acuan standar mutu SMK.

“SMK sasaran akreditasi siap menghadapi visitasi tahun 2021 dengan memperhatikan komponen-komponen Instrument Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP_red) SMK yang meliputi komponen kelulusan, proses KBM, mutu Instruktur, dan management Kepala Sekolah,” katanya.

Amin juga menjelaskan, Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebagaimana dinyatakan pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 1 ayat (22).

“Akreditasi sebagai kebutuhan evaluasi sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan,” jelasnya.

Amin menyampaikan, tujuan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis akreditasi sekolah tahun 2021 sebagai bentuk penyampaian regulasi kebijakan akreditasi yang mengalami perubahan.

“Semoga dengan mengikuti kegiatan akreditasi sekolah tahun 2021, sekolah kita bisa maju dan berkembang,” tutupnya.

Kegiatan dimulai pukul 13.00 WIB diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh pengawas sekolah, asesor Tatang, Asmadi, Muhammad, Winoko, lalu disambung kegiatan tanya jawab, simulasi akreditasi tahun 2021, terakhir pukul 16.00 WIB acara selesai dan ditutup dengan do’a.

comments