Siapkan Generasi Aswaja; GP ANSOR Kabupaten Sukabumi  Lahirkan 50 Kader Penggerak

113

Sebagai organisasi kaderisasi dan ideologisasi Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sukabumi adakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Ke XVI di Pondok pesantren Al-Fatonah Kp. Pasirmalang Jalan Palabuhan II, Desa Kebon Manggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan PKD ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Sukabumi KH Ridwan Subagja, turut hadir Kepala Desa Kebon Manggu, perwakilan Polsek Gunungguruh, serta jajaran Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sukabumi.

Di Pondok pesantren asuhan KH. Ridwan Subagja ini sebanyak 50 kader penggerak aswaja di lahirkan melalui keigiatan tersebut. Selanjutnya, kegiatan dengan Tema “Bangkit Bersama Ansor bergerak dalam bingkai Ahlussunnah Waljama’ah Annahdliyah”, ditutup dengan prosesi pembaiatan yang langsung di pimpin oleh Ketua GP Ansor Kabupaten sukabumi pada hari ahad tangal 4 agustus 2019.

Peserta Kegiatan PKD ANSOR berasal dari delegasi masing-masing PAC yang ada di bawah naungan PC GP Ansor kabupaten sukabumi, ada dari, PAC GP Ansor Nagrak, PAC GP Ansor Cireunghas, PAC GP Ansor Palabuhanratu, PAC GP Ansor Warungkiara, PAC GP Ansor Kebon Pedes, dan PAC GP Ansor Cikembar dan PAC GP Ansor Gunung Guruh sebagai tuan rumah kegiatan tersebut.

Selama proses kegiatan PKD berlangsung, para peserta diberikan sejumlah materi yang sangat penting untuk bekal dalam mengembangkan potensi. Hal ini bertujuan agar peserta memiliki wawasan tentang Ke-Aswajaan, Ke-Nahdlatul Ulama-an, Ke-Indonesia-an, kebangsaan Kepemimpinan dan Keorganisasian, ke Ansor-an, serta Pengetahuan Media Sosial.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sukabumi, sahabat nurodin  mengatakan, dengan adanya pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mencetak Anggota GP Ansor yang siap bergerak dalam mengamalkan nilai-nilai islam Ahlusunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah. Sambungnya, Kita harus siap untuk mengabdi, kita harus siap untuk berbhakti, oleh karena GP Ansor adalah warisan para ulama, dan negara Indonesia adalah bagian dari hasil usaha perjuangan para ulama. Maka, tentu antara GP ansor dan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah merupakan satu kesatuan yang terintegrasi secara holistik.

Senada dengan Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sukabumi, KH Ridwan Subagja, Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Sukabumi juga berpesan kepada seluruh anggota GP Ansor, Bahwa dalam kegiatan PKD atau juga  yang disebut sebagai syarat salah satu masuk organisasi Ansor, secara fungsional substantif kegiatan PKD ini  hampir masuk pada kategori fardu ain untuk anak-anak muda NU.

Upaya ini diarahkan sekurang kurangnya mengembalikan militansi kebangsaan ditengah hari, karena di sadari atau tidak banyak dari kalangan anak-anak muda NU yang loyalitas kebangsaan mereka mulai rapuh, dan cinta tanah air pun  mulai pudar. Ujarnya.

Selanjutnya, dengan ucapan Alhamdulillah, mudah-mudahan melalui wasilah Kegiatan PKD Ansor ini, kita sering di dekatkan dengan para ulama, juga para kiyai yang soleh. Dan insyaAllah menjadi amal shaleh untuk kita ssemua di kemudian hari. Red (Desur).

comments