“Selenggarakan PKD, PAC GP Ansor Kecamatan Surade Gelorakan Spirit Revitalisasi Gerakan dalam Memperkokoh Nilai Ahlussunnah wal Jam’ah”.

“Selenggarakan PKD, PAC GP Ansor Kecamatan Surade Gelorakan Spirit Revitalisasi Gerakan dalam Memperkokoh Nilai Ahlussunnah wal Jam’ah”.

Editor: Akbar Taslim

Tepat pada hari Sabtu tanggal 5 September 2020 GP Ansor PAC Surade Kab. Sukabumi menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD). Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari di Pondok Pesantren An-Najmi Bentang Surade ini dibuka pada pukul 10.00 WIB dan dijadwalkan akan selesai pada hari Minggu tanggal 6 September 2020.

Pelaksanaan kegiatan yang masih beriringan dengan terus menularnya pendemi covid 19, maka mengharuskan panitia untuk tetap melaksanakan prosedur kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah seperti memperhatikan jarak antar peserta, memakai masker, menggunakan hand sanitizer, test suhu badan dll. Hal ini tidak mengurung semangat dan kesiapan panitia untuk menyukseskan acara tersebut, tegas Ketua PAC GP Ansor Kec. Surade sahabat Hamdin Almurdani. Selanjutnya ia menuturkan dengan terlaksananya kegiatan, “ini menjadi cacatan sejarah bagi pengurus PAC bahwa untuk pertama kalinya PKD dapat dilaksanakan di kec. Surade. Maka dari itu harapan kami, PKD ini sebagai titik awal gerakan revitalisasi sekaligus perjuangan GP Ansor di Kecamatan Surade dalam menggelorakan nilai Islam Ahlussunnah wal Jama’ah An-nahdiyah dan nilai Kebangsaan sebagaimana mestinya”, selaras dengan tema PKD yakni, “Revitalisasi Gerakan Pemuda Ansor untuk Menjaga Kekokohan Nilai Ahlusunnah wal Jama’ah” pungkasnya dalam laporan pada pembukaan kegiatan tersebut.
(Laporan Ketua PAC GP Ansor Kec. Surade)
Lebih lanjut, sahabat Shohibul Bait Ajengan Asep Mustofa dalam penyambutannya dengan tegas menyatakan “siap bangkit dan mengawal gerakan pemuda Ansor kedepannya yang lebih progtesif”, kita harus mau refleksi kelebihan dan kekurangan gerakan kita, apakah Kiyai yang salah atau masyarakat yang salah ? Namun seharusnya orang berpendidikan (cerdas) yang bertanggung jawab atas mau dan tidaknya masyarakat untuk sama-sama berjuang memajukan Ansor” jelas Beliau.
Begitu pun Ketua PC GP Ansor Kab. Sukabumi Sahabat Farhan Zayyid, SE. MM. bahwa NU adalah ahli waris yang sah atas NKRI, kita jangan diam, harus mau bergerak dalam memajukan NU dan PKD adalah jawaban kaderisasi NU dengan jalan GP Ansor sebagai gerakan kaderisasinya. Maka keseriusan mengikuti PKD ini mutlak harus ditempuh”. Selanjutnya, Ketua menjelaskan, “Seseorang yang dinyatakan kader GP Ansor harus lulus dalam mengikuti PKD ini dari awal sampai akhir kegiatan, mendengar materi-materi, memahami sekaligus mengamalkannya. karena itu sebagai bukti kecintaan kita kepada Kiyai “Kita harus cinta kepada Kiyai sehingga bisa dipertmukan dengna Kiyai di yaumul ahir”. Tandasnya.
Pelatihan Kader Dasar (PKD) GP Ansor merupakan pendidikan formal tahap pertama dalam sistem pengkaderan Ansor dengan tujuan menanamkan Nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan demi terwujudnya kader penggerak GP Ansor tingkat anak cabang dan ranting yang memiliki kapasitas dan kemampuan andal. Sehingga siap mengawal dan menjadi dinamisator organisasi GP Ansor di tingkat PAC dan pimpinan ranting. Dengan dibekali materi-materi wajib dan tambahan dan juga mengasa mentalitas serta semangat dalam memperjuangkan GP Ansor.
(Sambutan Ketua PC GP Ansor Kab. Sukabumi Sahabat Farhan Zayyid, SE. MM.)
Adapun peserta pelatihan kader dasar ini yang terdaftar sebanyak 71 (tujuh puluh satu) orang dan akan mengikuti acara PKD sampai selesai. Semoga dengan berjalannya kegiatan ini diharapkan NU semakin maju, kader Ansor menjadi penolong sesuai dengan namanya, demikian arahan MWC Surade Kiyai H. Ahmad Sidik dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan PKD. “Semoga NU semakin maju, kader-kader Ansor menjadi Anshorullah (penolong Allah), Ansor dan NU bangkit bersama-sama dalam kerangka mencintai Ulama dan Kiyai”, terang Beliau.

Dalam rangkaian acara pembukaan pun disertai dengan kegiatan sosial GP. Ansor Kab. Sukabumi yakni, santunan anak yatim yang dalam kesempatan tersebut diserahkan oleh PC GP Ansor, PAC Ansor Kec. Surade dan MWC. NU Kec. Surade.
(Proses penyerahan santunan anak yatim PC GP Ansor Kab. Sukabumi)

comments