Selama Sepekan, Ansor Cisarua Peringati Maulid Nabi dengan Festival Budaya

347

Sumedang, (Ansorjabar Online)

Kaidah ushul fiqih yang berbunyi  Lil Wasaa Ili Hukmul Maqoosidi,  hukum wasilah (jalan yang menuju) serupa dengan hukum tujuan inilah yang melatar belakangi Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Cisarua menginisiasi Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengangkat budaya khususnya yang ada di sekitar wilayah Cisarua serta kecamatan yang berada di Kab. Sumedang.

Hal tersebut disampaikan oleh Hendra Hidayat selaku Panitia Pelaksana Cisarua Culture Festival dalam acara pembukaan pada Senin (09/01), diKomplek SDN Ciuyah, Cisarua, Sumedang.

Dalam sambutannya, Kang Hendra menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan atas dasar kekhawatiran Ansor Cisarua dengan makin terkikisnya budaya bangsa dikalangan generasi bangsa yang semakin tergerus oleh perkembangan zaman dan arus informasi yang kian deras.

“Pada dasarnya ini adalah hajat warga masyarakat Cisarua. Ansor hanya sekedar menginisiasi. Sebab keprihatinan lunturnya khazanah kebudyaan kita  saat ini adalah keprihatinan kita semua. Kagiatan ini merupakan ikhtiar kita untuk mengukuhkan kembali bahwa kita punya dimensi kebudayaan yang dapat memperkuat dan menyatukan semua elemen masyarakat”, ujar Kang Hendra.

Derasnya budaya luar tanpa saringan ini, lanjut Hendra, tanpa disadari dapat melemahkan mentalitas anak Bangsa dalam mencintai Negaranya.

“Semoga dengan diselenggarakannya acara ini akan semakin menguatkan ukhuwah Islamiyah dalam bingkai Budaya yang dimiliki masyarakat Cisarua” imbuhnya.

Acara Cisarua Culture Festival secara resmi dibuka oleh Bupati Sumedang Ir. H. Eka Setiawan, Dipl., S.E., M.M. di Alun-alun Cisarua. Hadir dalam kesempatan ini Ketua PCNU Sumedang KH. Sa’dulloh, S.Q. M.M.Pd., Lembaga dan Banom NU dan beberapa Pejabat Pemda, Muspika Cisarua, serta Pemerintah Desa se-Kecamatan Cisarua. Hadir pula sejumlah perwakilan ormas dan organisasi kepemudaan kecamatan Cisarua.

Bupati Sumedang Eka Setiawan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan CCF yang diinisiasi Ansor Cisarua ini cukup positif untuk digelar dalam upaya melestarikan kembali nilai nilai budaya yang ada di Sumedang.

“Saya berpesan agar kader-kader Ansor mampu untuk mengharmonisasikan semua elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Sumedang dalam konteks kebhinekaan. Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Cisarua telah mampu memberikan contoh yang baik untuk menjaga kebhinekaan, hal ini terlihat dengan hadirnya beberapa ormas dan komunitas pada acara Festival Budaya ini” tukasnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua PCNU Sumedang Kang Haji Sa’dulloh. Menurutnya, manusia yang berbudaya, yang menghargai budaya, dia akan penuh dengan kelembutan dalam mengamalkan dan menegakkan ajaran Islam.

“Apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini, kepada Kang Hendra sebagai salah satu Kader Muda NU dari Cisarua untuk mengagendakan kegiatan seperti ini di setiap PAC GP Ansor di Kabupaten Sumedang”, kata Kang Haji Sa’dulloh. (Hendra/Rus)

Comments

comments