Peringati Haul, Ponpes Al-Anwar Gelar Silaturahmi Untuk Para Alumni

182

Kuningan, (AnsorJabar Online)
Peringati Haul, Ponpes Al-Anwar Gelar Silaturahmi Untuk Para Alumni
Dalam rangka Haul pendiri Pondok Pesantren Al- Anwar Kabupaten Kuningan, santri bersama masyarakat setempat menyelenggarakan Silaturahmi Untuk para Alumni(23/01/2017).

Selain Bupati Kuningan , dalam acara Haul Pendiri Ponpes Al-Anwar di hadiri Ketua Tanpidziyah MWC NU Kadugede’ Camat Kadugede, Alumni Ponpes Al-Anwar, dan Masyarakat Desa Kadugede. Acara tersebut di Isi dengan Tausiah dari Al-mukarrom KH. Memet Anwar Sanusi dari Rancah . yang juga merupakan alumni Ponpes Al-Anwar tahun19 60.
Ketua Panitia Haul Pendiri Ponpes Al- Anwar , KH.Moch.Taopiqullah Amin, mengatakan bahwa acara haul ini merupakan amanah dari Almarhum untuk melanjutkan acara ini sbg alat silaturahmi para alumni.

Dalam Kesempatan tersebut Bupati Kuningan Mengatakan, “ Dengan Melalui Haul ini semoga semakin meningkatkan rasa hormat kita kepada para sesepuh dan mendo’akan kepada Almarhum dan mengucapkan selamat kepada MWC Kecamatan Kadugede yang telah di lantik”. Ungkapnya.

Pondok pesantren Al-anwar Merupakan Pondok Pesantren yang di dirikan oleh KH. Anwar bin KH. bertempat di kampung Dukuh Kecamatan Kadugede, Berawal pada tahun 1926 M
Beliau lahir di kampung Pesantren pada tahun 1887 M.Ketika menginjak dewasa,beliau menikahi seorang perempuan yang bernama Ny.Hj. Siti Rohmah yaitu pada tahun 1911 M.

Pada zaman dulu di kampung Dukuh masih awam terhadap pengetahuan agama Islam,karena itulah beliau besama istrinya dan di bantu rekan kerabatnya untuk membangun sebuah lembaga pendidikan yaitu pondok pesantren Al-anwar pada tahun 1925 M

Beliu memimpin pondok pesantren Al-anwar sekitar 15 tahun lalu beliau wafat pada tahun 1941 M dan kepemimpinan beliau d teruskan oleh anak pertamanya yaitu KH.Amin Anwar. Pada priode ke dua ponpes Al- anwar di pimpin oleh KH.Amin anwar.

Beliau lahir pada tahun 1917 M dan beliau wafat pada tahun 1991 M,senelum wafat beliau beramanat kepada tiga anak lelakinya untuk meneruskan perjuangannya sebagai pemimpin ponpes Al-anwar. Pada priode ke tiga Ponpes Al- anwar di pimpin oleh KH.Moch.Taufiqulloh Amin. Pada tanggal 12 februari 2009 beliau menjadikan ponpes Al-anwar sebagai yayasan dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan kesosialan,kemanusiaan dan keagamaan. (alan)

comments