SATKORCAB BANSER KABUPATEN KUNINGAN KOMITMEN MINIMALISIR PEREDARAN NARKOBA DAN GERAKAN RADIKALISME

143

Memasuki awal Tahun 2017 ini PCNU Kabupaten Kuningan sedang giat-giat nya melaksanakan konsolidasi Organisasi, diantaranya Restrukturisasi Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se Kabupaten Kuningan yang disetiap pelaksanaan pelantikan MWCNU tersebut Satkorcab Banser Kabupaten Kuningan yang di Ketuai oleh Komandan Elon CAH selalu mengawal dengan baik. Seperti yang baru saja dilaksanakan di Desa/Kecamatan Subang tanggal 12 Februari 2017 PCNU Kab. Kuningan telah melantik 3 MWCNU yaitu Kec. Subang, Kec. Selajambe dan Kec. Cilebak yang berbarengan dengan acara Dirosah, kegiatn Dirosah tersebut rutin diadakan bergilir di tiga kecamatan yang di isi oleh Pengajian, Bahtsul Masail dan kajian Kitab Kuning. Diantara MWCNU lain hanya di 3 kecamatan inilah yang mampu konsisten mempertahankan tradisi Aswaja ala NU selama kurun waktu 18 tahun.

Seusai pelaksanaan pelatikan tersebut Rombongan PCNU, GP Ansor dan Satkorcab Banser bersilaturahim bersama “Majelis Dakwatul Mubarokah Padepokan Cipta Wening” pimpinan K. Mukdiana, S.Sos.I., SH. Yang menjabat pula sebagai Unsur Ketua PCNU Kab. Kuningan, Padepokan tersebut bergerak di bidang penanganan dan Panti Rehabilitasi bagi Pecandu Narkoba, LGBT dan Pelaku Jatanras dari berbagai daerah yang secara Keseluruhan dikelola oleh KBNU Kuningan, selain itu Padepokan tersebut sangat piawai dalam meramu Obat-obatan herbal yang telah mendapatkan Izin dari Dinas Kesehatan Kab. Kuningan, sangat banyak Obat Herbal yang dapat dirasakan manfaatnya oleh Kalangan Nahdliyin serta masyarakan di Kabupaten Kuningan dan daerah lainnya. Peramuan obat-obatan tersebut dilakukan oleh para Residen (istilah bagi peserta Rehabilitasi *Red). Para Residen dibina dan diarahkan pada metode kemandirian hidup agar kelak setelah selesai mengikuti Rehabilitasi dapat kembali hidup secara normal dengan berbekal Ilmu pengetahuan yang sangat luar biasa.

K. Mudiana juga merupakan salahsatu dewan Penasihat PC GP Ansor Kab. Kuningan, dalam momen berharga tersebut Ketua Satkorcab Banser Kab. Kuningan mengakui sangat merasakan banyak manfaat dari kehadiran Padepokan tersebut, dari mulai Pemerintah yang ditetapkan sebagai mitra BNN Kab. Kuningan hingga masyarakat luas secara keseluruhan, Kasatkorcab Banser mengatakan pula bahwa Satkorcab Banser Kab. Kuningan siap berkerjasama bahu membahu bersama Padepokan Cipta Wening Subang untuk menekan angka peredaran Narkoba dan Kekerasan di Kabupaten Kuningan khususnya serta daerah lain umumnya.

Dengan disuguhkan hidangan ala santri yaitu Liwet dan ikan serta sambal khas Padepokan, Silaturahmi tersebut sangat bermakna dan penuh keakraban sebagaimana layaknya pertemuan sebuah keluarga besar. Kedepan komunikasi akan terus ditingkatkan serta kaderisasi berjenjang akan terus dilaksanakan didaerah ujung selatan Kabupaten Kuningan tersebut. Hal ini menandakan sebuah keseriusan Satkorcab Banser Kuningan dalam upaya menekan berbagai persoalan dan Penyakit Masyarakat dengan melakukan rekrutmen anggota-anggota Banser yang nantinya akan bersinergi dengan padepokan tersebut.

Mengahiri, diharapkan Satkorcab Banser se Jawa Barat mampu mencetak Kader serta mendirikan Padepokan seperti Cipta Wening Subang Kuningan tersebut, karena tugas dan tanggungjawab Banser sangatlah kompleks, tidak sebatas pengamana Ulama-ulama NU dan mengawal kegiatan-kegiatan NU saja, melainkan hendaklah berupaya membantu menciptakan kehidupan yang baik tanpa kekerasan di Negara Kesatuan Republik Indonesia kehidupan yang sehat tanpa narkoba. (AN).

Comments

comments