Sambut Hari Santri Nasional, IPPNU Garut Gelar Istighatsah Virtual untuk Keselamatan Santri dan Negri

Sambut Hari Santri Nasional, IPPNU Garut Gelar Istighatsah Virtual untuk Keselamatan Santri dan Negri

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Garut menggelar istighosah secara virtual bersama dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 22 Oktober 2020 dengan tema Santri Sehat, Indonesia Kuat . Rabu Malam (21/10).
Gina Rhahmawati selaku koordinator acara menyebutkan kegiatan ini selain dari pada refleksi terhadap kiprah santri dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan akidah dan paham Ahlusunnah Waljama’ah serta berdoa supaya pandemi ini segera berakhir.
“Dalam acara ini bukan hanya istighatsah saja tetapi pembacaan sholawat thibil qulub, sholawat nariyah 4.444 kali, ratibul attas dan yang terakhir ditutup oleh pembacaan Surat yasin, Surat waqiah serta doa untuk keselamatan santri dan negri. alhamdulillah acara istighosah virtual ini diikuti oleh rekanita IPPNU se-Kabupaten Garut baik yang berada di Kabupaten Garut maupun luar Garut,serta diikuti masyarkat umum yang berada di sekitar” terang Gina.
Rd. Kilma selaku ketua PC. IPPNU Garut yang berhasil dihubungi selepas kegiatan berlangsung menjelaskan bahwa Istighatsah adalah salah satu tradisi amaliyah warga nahdliyin. Salah satu isinya meminta pertolongan agar dihilangkan atau terlepas dari bala bencana.
“Istighosah berisi do’a permintaan kepada Allah SWT, itulah yang diperintahkan. Istighatsah ini kami gelar untuk berdo’a dan meminta perlidungan kepada Allah SWT untuk keselamatan negeri dan para santri di mana pun. Terlepas dari wabah Covid-19 dan berbagai balahi atau pun bencana yang lainnya,” tutup Rd. Kilma

Pewarta : Dini Rusmiati/ M. Dadan N

comments