Sambut Bulan Ramadlan, Ansor Kuningan Bakti Sosial Bersihkan Mushala dan makam

58

Kuningan (ansorjabar online)
Dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kab. Kuningan melakukan bakti sosial berupa pembersihan dan pengecatan mushala dan makam, Minggu (21/5).

Puluhan anggota Banser (Barisan Ansor Serbaguna) diturunkan untuk mengecat 15 Untuk Kerja Bakti di Tiap-tiap Mushola dan Makam Desa Masing-masing Menurut Ketua PC GP Ansor Kab. Kuningan. KH Didin Misbahudin, Bersih-bersih tersebut dimaksudkan untuk memberikan semangat kepada masyarakat agar giat melaksanakan ibadah Ramadhan.

“Ini supaya semangat. Kalau mushalanya sudah Bersih, ‘kan bagus, biar masyarakat semangat untuk taraweh dan tadarrus,”.tandasnya

Tidak hanya mushala, namun makam juga menjadi bagian dari aksi sosial GP Ansor Kab. Kuningan. Makam dibersihkan oleh anggota Banser. Hal tersebut, lanjut Didin sebagai upaya menyenangkan masyarakat sekaligus melestrikan kebiasaan mereka nyekar sebelum Ramadhan tiba. 

Dikatakan Didin, nyekar atau mendatangi makam sesepuh untuk berdoa sehari sebelum Ramadhan dan setelah shalat idul fitri, sampai saat ini masih menjadi tradisi masyarakat.

“Hal itu perlu kami dukung dengan membersihkan makam untuk memberikan rasa nyaman pada masyarakat yang nyekar,” lanjutnya. 

Terpisah Satkorcab Banser Elon CH menghimbau agar masyarakat memulyakan  bulan Ramadhan dan menghormati orang yang berpuasa. Bagi pemilik tempat hiburan, diharap tidak beroperasi  selama bulan Ramadhan.

Sedangkan untuk pemilik warung,hendaknya tidak terlalu mencolok untuk membuka warungnya.

“Ini ada, kesopanan. Dan ini harapan kami. Saya kira kami tak perlu melakukan sweeping, walaupun kami mampu,” ucapnya. (alan)

Comments

comments