Ribuan Banser Indonesia Lancarkan Mudik Lebaran 2017

19
Jakarta, NU Online
Ribuan kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di sejumlah wilayah di Indonesia bersemangat menunjukkan dedikasinya kepada masyarakat dengan membantu kelancaran arus mudik Idul Fitri 1438 H atau Lebaran 2017.
Kader inti Pemuda Ansor itu terus memantau kondisi lalu lintas, membantu mengurai kemacetan jalan, hingga menyiapkan tempat istirahat bagi pemudik yang kelelahan.
“Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor dan Satkornas Banser mengapresiasi energi, semangat, keringat seluruh kader Ansor dan Banser dalam tugas kemanusiaan ini,” ujar Kasatkornas Banser H Alfa Isnaeini, di Jakarta, Kamis (22/6).
Ratusan Posko Mudik Banser berada di sejumlah titik strategis. Dari Jakarta menuju Jawa, Sumatera atau provinsi lain di Indonesia. Total mencapai 604.
Di Banten, jumlah Banser diturunkan di Kabupaten Tangerang misalnya, sejumlah 200 personil. Mereka berjaga di lima Posko yang disiapkan guna memberikan bantuan dan kenyamanan bagi para pemudik.
“Tugas tahunan ini tugas kemanusiaan untuk membantu petugas kepolisian hingga masyarakat,” ujar Kasatkorwil Banser Banten Rois Maliki menambahkan.
Kasatkorwil Banser Jawa Tengah Hasyim Asyari menjelaskan pihaknya menurunkan 5.000 anggota Banser terlatih yang memiliki keahlian dalam bantuan lalu lintas dan pertolongan pertama bertugas di 200 Posko Mudik.
“Setiap Posko dalam sehari berisi sekitar 40 personil. Dan itu masih ditambah personil cadangan. Tiap hari dibagi 2-3 shift, dan tiap shift diterjunkan sekitar 15-20 personel,” paparnya.
Di Lampung, 1.100 Banser diterjunkan dalam kegiatan kemanusiaan tersebut. Kader inti Pemuda Ansor setempat mendirikan 22 Posko Mudik.
“Di sejumlah Posko telah kami kunjungi seperti Pesawaran, Metro, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Lampung Timur, kami pastikan fasilitas cukup memadai. Bisa untuk istirahat dan sholat,” kata Kasatkorwil Banser Lampung, Tatang Sumantri.
Tak hanya di Jawa dan Sumatera. Di Bali, puluhan pemuda Nahdlatul Ulama (NU) setempat juga melaporkan jika turut membantu ratusan warga Banyuwangi, Jawa Timur yang melakukan mudik gratis yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Besar Banyuwangi Dewata (Ikawangi Dewata) dengan Pemerintah Kabupaten Badung.
“Ini pembuktian harakah membanggakan yang bisa publik nilai sendiri. Apakah Banser sebagai kader inti Pemuda Ansor bermanfaat atau tidak,” ujar Kasatkornas. (Gatot Arifianto/Abdullah Alawi)
Sumber : nu.or.id
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Comments

comments