Refleksi Spirit Kemerdekaan, Forum Pemuda Lintas Iman Sukabumi (FOPULIS) dan Pemuda Ansor Kota Sukabumi Rajut Ke-Bhinekaan

89

Refleksi Spirit Kemerdekaan, Forum Pemuda Lintas Iman Sukabumi (FOPULIS) dan Pemuda Ansor Kota Sukabumi Rajut Ke-Bhinekaan

Sukabumi (20/08/2019) Gerakan Pemuda Ansor Kota Sukabumi menghadiri kegiatan diskusi refleksi kemerdekaan yang di adakan Forum Pemuda Lintas Iman Sukabumi (Fopulis) di halaman Mesjid Bilal Jl. Sriwidari Kota Sukabumi, kemarin (20/9).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Lintas Iman dan Hubungan Organisasi, Gp Ansor Kota Sukabumi, Randi Sulaeman menyampaikan sebagai panelis, Gp Ansor akan terus berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan terus menggelorakan prinsip pancasila.

“Pancasila itu   jangan dijadikan slogan yang mati, tapi harus dijadikan semangat yang hidup. Jangan disimpan dan dihafal sebagai naskah saja, tapi harus digambarkan oleh prilaku didalam proses berbangsa dan bernegara,” katanya.

Ia melanjutkan, tujuan bangsa Indonesia didalam pembukaan UUD 1945 sebetulnya merupakan keinginan manusiawi yang ingin terlepas dari rasa ketidak amanan, ketertindasan, kebebasan, kelaparan, dan kebodohan.

“Yang terutama dalam konsep berkeyakinan, setiap warga negara yang meyakini keyakinannya harus merasa hidup dengan aman di negara ini. Sebab keyakinan merupakan hak asasi setiap manusia dan tidak boleh di intervensi oleh siapapun,” terangnya

Ia juga menambahkan, jika bangsa ini merupakan mukjizat yang diberikan Allah SWT di zaman ini, sebab perbedaan suku, bahasa, ras dan agama dinegeri ini dapat dipersatukan dibawah naungan NKRI.

“Hanya Indonesia , negara yang diciptakan didalam perbedaan. Mestinya sulit dipersatukan tapi kenyataan bisa bersatu menjadi negara kesatuan. Jadi siapapun yang ingin membuat perpecahan bangsa, ia telah melawan mukjizat besar ini,” tutupnya.

Pada kesempatan itu, tampak hadir beberapa  tokoh agama seperti dari Gereja Baptis, Pendeta Kristianto, S.Th, Gereja Bethel Indonesia, Pendeta Juan Stevanus, SH, M.Th, Pembina Kopera,  Ezra Theodores, S.T,. Adapun beberapa organisasi yang hadir yakni Ikatan Jemaah Ahlul Bait (Ijabi), Jemaah Ahmadiyah Indonesia (JAI). Selain itu,  nampak hadir juga sebagai panelis, Kepala Litbang Setukpa Polri, AKP Suwitno, SH. MH.

comments