Refleksi Akhir Tahun, PMII Kota Bandung Siap Meriahkan Haul Gusdur

217

BANDUNG – Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kota Bandung akan meriahkan perayaan akhir tahun dengan menggelar Haul Gusdur ke-7.

Ketua pelaksana, Maulana Ni’ma Alhizbi mengatakan, rencananya kegiatan tersebut akan dipusatkan di Monumen Bandung Lautan Api Tegalega Bandung, pada hari Rabu (28/12/2016) mendatang pukul 13.00 WIB dengan tema: Satu Indonesia untuk Semua; Merawat Kebhinekaan, Menjaga NKRI.

“Rencananya akan diisi dengan diskusi kebudayaan yang akan dihadiri oleh beberapa tokoh lintas agama, setelah itu focus group discussion dari berbagai organisasi mahasiswa lintas agama,” ujar Maulana saat dihubungi, Rabu (21/12/2016).

Dalam kegiatan tersebut, kata Maulana, juga akan dilaksanakan deklarasi damai dalam keberagaman dan ditutup dengan berbagai hiburan karya seni.

“Dengan kegiatan ini kami akan mengingatkan kembali dalam membela dan menghormati kaum minoritas dan kaum mustadz’afin sebagaimana dulu Gus Dur melaksanakan hal itu,” katanya.

Ketua PMII Kota Bandung, Ibnu Mahbub menjelaskan kegiatan ini kembali mengingatkan bahwa Gus Dur mengajarkan agama bukanlah sekat melaksanakan kehidupan, tidak ada berebut kasih Tuhan dengan saling menghalangi, menuding dan lain sebagainya namun dengan cara saling menjaga.

“Semangat dari pelaksanaan kegiatan ini  begitu tampak jelas, yakni tidak mengesampingkan fenomena intoleransi yang terjadi di Kota Bandung beberapa waktu kebelakang,” ujar Mahbub. (Willy/Ade)

 

comments