Ratusan Kader Banser Bersihkan Lumpur Banjir Cibingbin

264

KUNINGAN – Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kuningan menerjunkan 150 anggota Banser yang disebar di sejumlah titik untuk membersihkan lumpur tebal sisa banjir dahsyat yang terjadi Minggu (22/1) sore.

Ansor bersama bansernya turun ke jalan guna membantu elemen lain bersama warga setempat membersihkan lumpur di lokasi pasca terjadinya banjir bandang di sejumlah desa di Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Selain membersihkan lumpur, para anggota Banser tersebut juga melibatkan diri untuk turut serta mengevakuasi berbagai barang warga yang masih bisa diselematkan agar bisa dipergunakan kembali.

Ketua PC Ansor Kuningan, H Didin Misbahudin melalui Kepala Satuan Koordinator Cabang (Satkorcab) Banser, Elon Caslan SH mengatakan, pihaknya membantu dengan menggunakan alat-alat yang memadai seperti cangkul, serok dan lain sebagainya.  “Kami sadar untuk pembersihan lumpur saja memerlukan waktu dan juga membutuhkan bantuan pihak lain agar bisa segera teratasi, tetapi paling tidak kami bisa membantu saudara kita yang sedang kesusahan,” tegasnya.

Pembersihan lumpur di lokasi bencana itu diakui Elon, dilakukan agar aktivitas warga yang tempat tinggalnya terkena banjir bisa segera normal kembali. Pihaknya sangat bersemangat untuk memberikan bantuan tenaga untuk membersihkan lumpur-lumpur di lokasi bencana di wilayah Kecamatan Cibingbin karena berkiprah membantu warga yang terkena bencana adalah kewajiban sesama. “Kami berbaur dengan yang lain, dan ini bukti kita ada untuk saling menolong dan bahu membahu memberikan bantuan,” ujar Elon.

Bukan hanya itu, posko siaga bencana di beberapa titik telah dibangun, seperti di Sekretariat PC GP Ansor yang berada di depan RM Beber Kertawangunan serta di pintu masuk Kecamatan Cibingbin. Dibukanya posko tersebut untuk tempat koordinasi serta tempat mengumpulkan bantuan untuk para korban.

Diakui, ada beberapa titik yang menjadi pusat penempatan anggota Banser dalam membantu evakuasi korban, yakni di Desa Sukaharja, Desa Cibingbin, Desa Citenjo dan Desa Dukuh Badag. “Keempat desa tersebut menurut kami merupakan desa terparah yang terkena bencana banjir bandang,” kata dia.

Diakuinya, semua anggotanya sekarang sudah stand by di pos-pos jalur evakuasi dan di sejumlah titik lokasi pengungsi.

Untuk bantuan yang diberikan, Ansor pun telah mengumpulkan dan memberikan bantuan berupa sembako, pakaian layak pakai, peralatan medis, makanan siap saji, air bersih serta sejumlah bantuan lainnya. Bantuan tersebut sudah disalurkan kepada warga yang terkena dampak banjir. (tara)

 

Kader GP Ansor melalui anggota Banser Kuningan turut serta dalam pembersihan lumpur di lokasi banjir bandang Kecamatan Cibingbin, Kuningan Jabar, kemarin.

Comments

comments