Rapat Perdana, Pengurus Fatayat Garut Kompak Bawa Tumbler

146

Rapat Perdana, Pengurus Fatayat Garut Kompak Bawa Tumbler

Ada yang unik dari rapat perdana pengurus Pimpinan Cabang Fatayat Kabupaten Garut masa khidmat 2020-2025. Bertempat di Aula Gedung Hejo PCNU Kabupaten Garut (16/02/2020), seluruh pengurus yang hadir membawa tumbler.

Hal tersebut dilaksanakan sebagai komitmen untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai. Ketua Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Garut, Hj. Ai Sadidah, M.Si., M.Pd menekankan pentingnya penyadaran dan komitmen persoalan lingkungan.

“Beberapa dari kita mungkin sudah menyadari akan pentingnya mengurangi sampah plastik, namun masih sulit untuk melaksanakannya,” katanya.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pencemaran plastik ke laut terbesar kedua di dunia. China memimpin dengan tingkat pencemaran plastik ke laut sekitar 1,23-3,53 Juta Ton per tahun.

Dalam konteks Kabupaten Garut, berdasarkan hasil kajian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tingginya potensi bencana alam yang terdapat di Garut.

“Fatayat harus mengambil langkah konkret yang dapat menjadi salahsatu jawaban persoalan lingkungan. Kita intruksikan setiap kegiatan Fatayat Kabupaten Garut untuk senantiasa membawa tumbler disetiap kegiatan, agar mengurangi pemakaian plastik sekali pakai,” tegasnya.

Ai berharap komitmen ini menjadi gaya hidup pengurus Fatayat dalam kehidupan sehari – hari.

“Sampah plastik yang berlebih dapat merubah kehidupan kita di masa yang akan datang, selain berpengaruh terhadap kebersihan lingkungan sampah plastik juga berpengaruh untuk kesehatan,” ungkapnya.

Rapat tersebut selain sebagai perkenalan pengurus baru, juga dibahas persiapan pelantikan dan rapat kerja PC Fatayat Kabupaten Garut 2020-2025.
(kontributor : Sindi Aditia)

comments