Rancasari banjir Shalawat Nabi oleh Ansor dan Banser

106

Bandung,Rancasari.
PAC Ansor Rancasari bersama Coklat Kita Menggelar kecamatan bershalawat nabi yang berlangsung di, Masjid Al-Mubarokah, kota Bandung, Minggu (23/07/2017).

Sebagai organisasi pemuda islam yang turut menjaga adat dan budaya, acara Kecamatan Bershalawat Nabi yang bertajuk “Haul dan Halal bihalal”, dibuka dengan kreasi seni dari para santri santri Ansor Rancasari dan mahad dinyah Al-Mubarokah yakni, Pencak silat, Lipsdut, Musik Islami, Hadroh, Qosidah dan Marawis sebagai pembuka acara.

Menurut Ketua Pelaksana acara Ust.Cecep Rohimat mengatakan, Haul dalam bahasa arab yang berarti perayaan besar yang diperuntukan untuk mendoakan sosok yang telah tiada.

“Haul kali ini untuk mengenang jasa-jasa KH. Mochamad Toha (Mama Ajengan Toha) dan Mbah H.Karim,”

Menurut Ust.Cecep, KH. Mochamad Toha dan H. Karim adalah sosok yang membangun Masjid Al-Mubaroqoh pada tahun 1929 sekaligus melaksanakan syiar islam di wilayah Rancasari dan sekitarnya lalu wafat tahun 1992, tidak hanya itu, Pengurus PAC Ansor Rancasari juga melakukan ziarah ke makam dua tokoh syiar islam tersebut.

“Kedua-keduanya adalah sosok yang menyebarkan ajaran islam, sejarah singkatnya Mbah H. Karim dahulu mewakafkan tanahnya untuk membangun masjid di daerah Bodogol,
Dan KH.Moch Toha sebagai Ulama Besar Menyebarkan Ajaran Islam Ahlussunah Waljamaah,sehingga kami GP Ansor Rancasari ingin mengenang jasa-jasa beliau maka kami melakukan ziarah ke makamnya,” kata Sekertaris PAC GP Ansor Rancasari Sahabat Kiki Muhamad Malik

Sementara itu, ketua PC GP Ansor kota Bandung Aa Abdul Rozak,Mag mengatakan, kegiatan kecamatan bershalawat nabi sebelumnya telah dilaksanakan di Masjid Al-Hamidah Cigondewah dengan tema nuzulul Qur’an.

“Kecamatan Bershalawat Nabi akan dilaksanakan di tujuh titik di kota Bandung, Rencananya setelah dari PAC Ansor Rancasari, kecamatan Bersholawat agar digelar di PAC yang lain,” kata Aa.

Adapun maksud dan tujuan kecamatan bershalawat nabi adalah untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa Islam agama yang damai, dapat membaur dengan semua elemen masyarakat.

“Ansor ingin menunjukan bahwa Islam itu adalah agama yang rahmatan lil alamin,” kata Aa.

Setelah waktu Isya, acara haul untuk KH. Mochamad Toha dan Mbah H. Karim dimulai dan dihadiri ratusan jemaah masjid Al-Mubarkah, acara pun dihadiri oleh Camat Rancasari, Kapolsek Rancasari,ketua PC GP Ansor kota Bandung,
Komandan Banser kota Bandung,Para Alim Ulama dan para Tokoh Masyarakat

Di akhir acara, kegiatan ditutup dengan tausyiah oleh Ust. Sahrul Aziz dan Ust. Ade Hasan Ashari lalu disambung Kecamatan bershalawat dan ditutup dengan Doa yang dipimpin oleh Ust. Deni Rahmat

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
41

Comments

comments