Puti dan Maman Akrab: koalisi Marhaen-Marhaban untuk Jabar?

300

Saat beberapa lembaga survey merilis calon pemimpin Jawa Barat yang memunculkan nama-nama baru termasuk di dalamnya dua tokoh muda yang duduk di DPR RI: Puti Soekarno Putri (PDIP) dan Maman Imanulhaq (PKB), menyebar Photo keduanya di dunia Maya.

Sontak beberapa pihak menduga akan ada koalisi Marhaen-Marhaban. Puti Soekarno Putri merepresentasikan Nasionalis yang mengamalkan Marhaenisme yang digali oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno. Puti sendiri adalah cucu Sang Proklamator.

Sementara Maman adalah tokoh muda NU yang punya tradisi khas mengungkapkan kecintaan pada Rasulullah dengan Marhabanan. Maman adalah ketua lembaga Dakwah PBNU.

Keduanya dipersatukan oleh kepentingan yang sama yaitu mewujudkan Jawa Barat yang religiusitas yang menghargai keragaman dan kearifan lokal.

Seperti kita ketahui, berbagai prestasi dan kemajuan di Jabar ternodai oleh angka kekerasan dan intoleransi. Padahal seperti yang kerap disuarakan Maman, “Islam adalah energi untuk perubahan dan perdamaian”.

Maman sudah pasti didukung PKB, seperti yang diungkapkan Ketua Umum DPP PKB H. A. Muhaimin Iskandar,” Kang Maman harus bekerja keras agar bisa memimpin Jabar. PKB akan all out untuk merebut kemenangan demi masa depan Jabar yang lebih mashlahat”.

Maman yang lahir di Sunedang, 8 Desember 1972 punya modal sosial yang kuat. Di samping kultur dan stuktur NU, jaringan pesantren yang diasuh saudara-saudaranya seperti Al-Mizan di Majalengka, Al-Faqieh di Sumedang, Al-Istiqamah di Bandung dan Al Jarnuziyah di Tasik, Maman punya keluarga besar di Cirebon, Majalengka dan Tasik.

Puti punya kekuatan lebih ril. Konstituen di Kuningan, Banjar dan Ciamis dan tentu basis PDIP yang sangat menghormati Proklamator jadi modal besar untuk memimpin Jabar.

Keduanya bersahabat dan berprestasi. Bukan rahasia bila Maman yang santri sangat nasionalis dan hormat kepada Ketua Umum PDIP Hj. Megawati Soekarno Putri.

Jabar Baru bersama generasi muda berprestasi akan sangan terwakili oleh dua nama ini. Cag!

Comments

comments