Puluhan Kader Ansor Patokbeusi Dibai’at Usai Mengikuti PKD

110

SUBANG, ansorjabar online– Sedikitnya enam puluh peserta mengikuti kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Patokbeusi.

Acara yang dipusatkan di Pondok Pesantren Minhajut Thalibin, Pungangan Rancabango, Kecamatan Patokbeusi tersebut dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (3-4/2/2018).

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Patokbeusi, Ucu Stiawan mengatakan, sebagaimana tema yang diusung dalam penyelenggaraan PKD tersebut, membentuk karakter kader yang humanis dan berjiwa kebangsaan diharapkan mampu diimplementasikan oleh alumni PKD.

“Ini sudah menjadi kewajiban bagi kader-kader Ansor yang selalu bersatu mengembangkan kreatifitas yang sesuai faham Islam Ahlussunnah Waljama’ah (ASWAJA),” ujar Ucu.

Sementara, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Subang, Asep Alamsyah Heridinata mengatakan mengawali kaderisasi di awal tahun 2018 ini pihaknya akan terus konsisten menggelar kaderisasi sebagaimana yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

“PKD Patokbeusi (zona pantura) ini menjadi kaderisasi pembuka di awal tahun 2018. Bulan depan kita akan gelar di zona tengah dan selanjutnya ke zona selatan,” ujar Asep.

Ia mengatakan, kaderisasi menjadi penting dilakukan karena selain sudah menjadi amanah organisasi, juga berangkat dari keprihatinannya melihat kondisi hari ini banyak pihak-pihak yang melakukan upaya disintegrasi bangsa.
“Banyak pihak yang mencoba merongrong keutuhan bangsa hari ini. Mereka bergerak dengan menggunakan agama sebagai topengnya.

Mereka berusaha untuk memisahkan negara dan agama sehingga ada penggiringan opini bahwa konsep pancasila adalah thaghut (kafir). Kita berkewajiban untuk menghadang itu,” tegasnya.

Hadir dalam PKD tersebut, Ketua PW Ansor Jawa Barat, Deni Ahmad Haidar serta beberapa nara sumber dari PCNU Kabupaten Subang.

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan Ponpes Minhajut Thalibin, KH. Mahfuz Ramli tampil sebagai pemandu bai’at dan sumpah janji setia puluhan Anggota GP Ansor. (Ade Mahmudin)

Comments

comments