Puluhan Kader Ansor Jabar Digembleng Menjadi Jurnalis Pesantren

111

BANDUNG – Puluhan kader Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat digembleng Jurnalisme Pesantren yang dikemas dalam Training Jurnalistik.  Kegiatan yang dipusatkan di Aula Dakwah PWNU Jawa Barat, jl. Galunggung Kota Bandung tersebut digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (9-10/9/2016). Hadir beberapa nara sumber yang berkompeten dibidang jurnalistik, peneliti, dan dosen Fikom dari Kampus Unpad.

Ketua Pelaksana, Edi Rusyandi mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh sedikitnya peserta tiga orang perwakilan dari 27 cabang GP Ansor di Jawa Barat.  “Mereka digembleng terkait pemahaman-pemahaman seputar jurnalistik dan khazanah pesantren agar kader-kader Ansor di Jawa Barat peka terhadap kondisi riil di daerah masing-masing yang kemudian dijewantahkan dalam bentuk tulisan,” kata Edi usai penutupan kegiatan, Minggu (10/9/2016).

Tulisan-tulisan tersebut, kata Edi, nantinya akan di tuangkan dalam website resmi Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Barat dengan domain www.pwansorjabar.org yang sudah berjalan selama kurang lebih satu bulan tersebut.  “Nanti kader-kader Ansor di Jawa Barat akan melihat kreatifitasnya dalam bentuk tulisan ini di website resmi PW Ansor Jabar sehingga akan menjadikan motivasi untuk semakin giat lagi dalam menulis,” katanya.

Selain itu, lanjut Wakil Ketua Bidang Media dan IT PW Ansor Jawa Barat ini bahwa sudah saatnya kader-kader Ansor di Jawa Barat mengasah nalar intelektualnya dengan merefleksikannya dalam bentuk tulisan.  “Karena, diakui atau tidak, tulisan-tulisan yang dibuat oleh kader-kader Ansor nantinya akan memberikan dampak yang sangat luar biasa terkait menjawab dinamika sosial di masyarakat.

Terlebih, mereka akan menjadikan tulisan itu sebagai medan dakwah untuk mensyi’arkan faham Islam Ahlussunnah Waljama’ah al-nahdliyah,” pungkasnya. (Ade Mahmudin)

Comments

comments