PMII Komisariat UPI Sumedang selenggarakan Pergerakan Literas

70

Dalam rangka melakukan pengabdian pada masyarakat, PMII Komisariat UPI Sumedang menyelenggarakan kegiatan literasi bernama Pergerakan Literasi. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Kamis, 23 Januari 2020 di SDN Legok 1, Kecamatan Paseh, Sumedang. Selain bekerja sama dengan pihak SDN Legok 1, Komisariat UPI Sumedang juga turut mengajak Perpustakaan Daerah Sumedang untuk bergabung dan membantu dalam penyediaan buku-buku bacaan melalui Perpustakaan Keliling (Pusling).

Kegiatan pergerakan literasi ini diselenggarakan bagi siswa kelas IV SDN Legok 1 yang kurang lebih berjumlah 23 siswa. Dimulai dengan membentuk siswa menjadi beberapa kelompok dengan didampingi sahabat-sahabati komisariat. Setiap siswa diberikan kesempatan untuk mencari buku yang diminati, dan dibaca dalam waktu 15 menit. Selepas membaca, siswa diberikan lembar kerja untuk mencatat buku apa yang telah dibacanya dan mengungkapkan hal yang menarik dalam buku tersebut. Tidak sampai di situ saja, siswa juga diminta untuk menyampaikan hasil tulisannya di depan teman-temannya dengan posisi duduk melingkat. Di sela-sela kegiatan, sahabat-sahabati juga mengajak para siswa untuk bermain agar tidak jenuh.

 

Atas terselenggaranya kegiatan tersebut, kepala sekolah SDN Legok 1 menyampaikan antusiasnya. Menurut Beliau, kegiatan seperti ini sangat baik dan dapat membantu meningkatkan literasi bukan hanya bagi siswa saja namun juga bagi para gurunya. Tanggapan serupa juga disampaikan oleh pihak Perpustakaan Daerah, yang diimbuhi dengan harapan agar kegiatan pergerakan literasi dapar terus dilaksanakan. Menurut Diki Hasrul selaku ketua PMII Komisariat UPI Sumedang, “Kecintaan terhadap membaca, harus ditanamkan sejak dini. Mengingat pentingnya membaca sebagai jendela dunia. Terutama ciri khas yang dimiliki oleh PMII adalah cinta membaca dan diskusi”.

Kegiatan pergerakan literasi sudah menjadi program kerja PMII Komisariat UPI Sumedang, sehingga harapan ke depannya semoga kegiatan literasi ini dapat terus diselenggarakan di tanggal yang sama pada bulan-bulan selanjutnya. Demi mewujudkan kecintaan terhadap membaca, seperti yang disampaikan oleh Diki Hasrul.

comments