PMII Harus Aktif Dalam Memanfaatkan Media Sosial

377

Oleh : Ayi Sofwanul umam (Obay)
Media Sosial telah menjadi sebuah sarana umum yang dipergunakan dalam kehidupan individu sehari-hari dan era baru dalam proses belajar, atau sekedar menmberikan informasi atau pemberitaan. diakui atau tidak informasi sangatlah penting bagi manusia. Kenyataan tersebut tentunya harus diikuti oleh segenap insan akademisi, pelajar mau pun mahasiswa bahkan seluruh manusia di dunia.

Fenomena saat ini, disadari bersama betapa hebatnya pengaruh media sosial dalam upaya merekayasa, menginfiltrasi dan mempropaganda suatu keadaan, hingga dapat menggerakan jutaan orang. kondisi seperti inilah yang di manfaatkan kelompok-kelompok tertentu untuk menyebarkan informasi palsu hanya untuk membuat kegaduhan dan ketidak stabilan sosial.

Namun keniscayaan tersebut apakah tersadar oleh para kader dan anggota PMII yang dikonotasikan sebagai insan intelektual dan kritis itu, terlepas information itu memiliki nilai kebenararan atau tidak. pasalnya dalam ilmu psikologi, informasi sangat dominan mempengaruhi kesadaran manusia.

Secara organisasi PMII dituntut untuk mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi sebagai sarana untuk melakukan transfomasi nilai yg selama ini menjadi tujuan mulia pmii dan sebagai jalan untuk merebut kepemimpinan melalui wacana media yang selama ini kita dalami. Sejalan atas keinginan menjadikan PMII sebagai organisasi kaderisasi yang modern.

Kenyataan tersebut setidaknya mendorong PMII kedepan untuk setiap pengurus di daerah menata kembali pemetaan informasi dimulai dari minimal setiap pengurus cabang dan pengurus koor dinator cabang se-nusantara mempunyai situs berita atau media online atau masing-masing daerah.

Hal ini di rumuskan sebagai usaha untuk menggerakan maksimal bisa mengconter wacana-wacana islam radikal dan sebagai alat untuk melakukan penyikapan atas kebijakan publik yang tidak pro rakyat, yang merupakan tanggungjawab kita bersama sebagai agen of change, dan agen of control, juga sebagai organisasi yang indevenden.

Dengan demikian gagasan dan femikiran kita sebagai insane akademisi, dan penggerak kampus, penciftaan media online tersebut, dirasa sangat epektif sebagi alat propaganda sosial yangg signifikan dan akan berdamfak baik bagi kemajuan organisasi kedepan. selain itu pula media online tersebut sebagai sarana untuk kader dan anggota dalam menyalurkan tulisan-tulisan yg menjadi ide gagasannya baik itu berupa atikel, opini dan lain-lain. sekecil apapun kegiatan dan aktifitas baik formal, non formal dan informal yg dilakukan oleh pmii didaerah masing-masing bisa terpublikasikan dengan baik.

Comments

comments