PMII Cabang Kabupaten Sukabumi Menyatakan Sikap, Demi Menjaga Kualitas Demokrasi di Masa Pandemi

Selasa 8 Desember 2020

Sukabumi, Dalam rangka mengawal pesta demokrasi ditengah masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), PMII Cabang Kabupaten Sukabumi tak berhenti bersuara menyikapi agenda penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilaksanakan secara serentak pada Hari Rabu, 9 Desember 2020.
Usai mengadakan Audiensi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi pada Sabtu, 21 November 2020 kemarin, PMII Cabang Kabupeten Sukabumi baru-baru ini telah melayangkan Pernyataan Sikap menjelang Pemungutan dan Penghitungan Suara.
“Beberapa waktu lalu kita telah melakukan audiensi dengan KPU Kabupaten Sukabumi mengenai penyelenggaraan Pemilihana Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sukabumi. Adapun Bawaslu Kabupaten Sukabumi, hingga hari ini entah kemana rimbanya tak membalas Surat Audiensi yang kami kirimkan. Hal tersebut kami lakukan sebagai upaya agar Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dilaksanakan sebagaiamana ketentuan yang berlaku terkhusus kepatuhan pada Protokol Kesehatan COVID-19, karenanya menjelang pemilihan kami menyatakan sikap kami secara tegas”. Kata Asep Martadinata, Ketua PC PMII Kabupaten Sukabumi.
Dengan Pernyataan Sikap tertanggal 8 Desember 2020 yang ditanda tangani oleh Ketua (M. Asep Martadinata) dan Sekretaris (Yulia Rahman) PMII Cabang Kabupaten Sukabumi mendorong agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi untuk senantiasa menjunjung tinggi kode etik dan memegang teguh setiap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mematuhi Protokol Kesehatan COVID-19.
Tak hanya itu, PMII Cabang Kabupaten Sukabumi juga menegaskan bahwa tidak akan segan melaporkan pihak-pihak yang tidak mengindahkan dan atau melakukan pelanggaran terhadap ketentuan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Protokol Kesehatan COVID-19.
“Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Masa Pandemi ini jelas-jelas mempertaruhkan nilai-nilai kemanusiaan, kita mesti benar-benar menjaga keberlangsungannya demi menjaga kualitas demokrasi dan kemaslahatan masyarakat Kabupaten Sukabumi. Karenanya kami pun tak akan sungkan melaporkan jika kemudian ada pihak yang tidak mengindahkan ketentuan-ketentuan yang berlaku, apalagi membiarkan pelanggaran Protokol Kesehatan COVID-19”. Asep, mengakhiri.
Berikut, 7 Poin dalam Pernyataan Sikap PMII Cabang Kabupaten Sukabumi:
1. PMII Cabang Kabupaten Sukabumi, insyaf dan sadar bahwa setiap penyelenggaraan pemerintahan harus berdasarkan kepada Undang-Undang Dasar (UUD) Tahun 1945 dan Peraturan Perundang- Undangan yang berlaku.
2. PMII Cabang Kabupaten Sukabumi mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi untuk senantiasa menjunjung tinggi kode etik dan memegang teguh setiap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mematuhi Protokol Kesehatan COVID-19.
3. PMII Cabang Kabupaten Sukabumi mendukung penuh KPU Kabupaten Sukabumi, Bawaslu Kabupaten Sukabumi, aparat keamanan dan seluruh pihak terkait untuk menindak tegas pihak-pihak yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Protokol Kesehatan COVID-19.
4. PMII Cabang Kabupaten Sukabumi berkomitmen untuk mengawal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi agar berjalan sebagaimana mestinya. Selain dari pada itu, kami akan senantiasa melaporkan pihak-pihak yang tidak mengindahkan dan atau melakukan pelanggaran terhadap ketentuan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Protokol Kesehatan COVID-19.
5. PMII Cabang Kabupaten Sukabumi tidak pernah menghendaki adanya kluster baru COVID-19 pasca diselenggarakannya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi.
6. PMII Cabang Kabupaten Sukabumi mengimbau kepada Anggota dan Kader PMII serta seluruh lemen masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk senantiasa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan pilihan masing-masing tanpa adanya intimidasi berupa apapun, tetap menjaga kesehatan dan mematuhi Protokol Kesehatan COVID-19 demi menjaga kualitas demokrasi di Kabupaten Sukabumi.
7. Semoga penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sukabumi berjalan sesuai dengan harapan masyarakat Kabupaten Sukabumi dan kita semua diselamatkan oleh Allah SWT dari COVID-19.

Pewarta: Bidang Eksternal PC PMII Kab. Sukabumi
Editor: Akbar Taslim

comments