PKD Ansor Subang

401

SUBANG – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor kembali menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD).

Kali ini, PKD digelar di wilayah Subang Selatan meliputi Kecamatan Jalancagak, Cisalak, Kasomalang, Tanjungsiang, Ciater, Sagalaherang dan Serangpanjang. Namun ada juga peserta dari delegasi Subang tengah meliputi Kecamatan Subang dan Cibogo. Kegiatan PKD tersebut digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (30-31/7/2016) yang dipusatkan di Pondok Pesantren Az-Zahra Kampung Cibatu,  Desa/KecamatanTanjungsiang. Sebanyak kurang lebih 50 orang terlibat dalam kegiatan yang menjadi ajang kaderisasi di GP Ansor tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana, Gilang Fajar Alfina menegaskan, dalam pelaksanaan rekruitment anggota GP Ansor tersebut dilakukan beberapa instrumen penting dalam mengikuti kegiatan PKD diantranya dilakukan screening terlebih dahulu untuk memastikan layak dan tidaknya mengikuti PKD.

“Ini penting dilakukan karena konsep kaderisasi di GP Ansor tidak sembarangan. Merekalah yang akan mengemban amanah organisasi jika sudah pulang ke daerahnya masing-masing,” ujar Gilang.

Para peserta tersebut, kata Gilang, telah dibekali dengan berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan konsep kepemimpinan dan menggali potensi diri untuk kemudian diimplementasikan dalam kiprahnya di tengah-tengah masyarakat. “Karena mereka akan menjadi penggerak motor organisasi GP Ansor untuk berkiprah di daerahnya masing-masing,” kata Gilang yang merupakan
Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Tanjungsiang.

Ia berharap, sebagaimana tema yang diusung, “Meneguhkan Ideologi Islam Ahlussunnah Waljamaah, Generasi Muda Siap Memimpin”, diharapkan kader-kader GP Ansor bisa meneruskan estafet kepemimpinan di Kabupaten Subang dengan berbasis ajaran Islam Ahlussunnah Waljamaah sebagai pondasinya.

Sementara, Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Subang, Asep Alamsyah Heridinata menegaskan, kegiatan kaderisasi di GP Ansor ini rutin digelar setiap tahunnya. “Saat ini sudah memasuki tahun ke tiga kita laksanakan PKD dan Diklatsar setelah bulan-bulan kemarin kita gelar di Subang bagian Barat,” kata Asep.

Dengan demikian, lanjut Asep, kader-kader GP Ansor dan Banser sudah merumput di tingkatan grashroot hingga seluruh kecamatan di Kabupaten Subang. “Karena ini komitment kami akan membentuk kepengurusan GP Ansor ditingkat ranting (desa, red),” pungkasnya. (Ade Mahmudin)

comments