PK PMII UPI SUMEDANG GELAR DISKUSI BERTEMA GENEALOGI ISLAM INDONESIA

64

Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PK PMII) UPI Sumedang menggelar Kegiatan Diskusi sekaligus follow up Mapaba dengan tema Genealogi Islam Indonesia, yang diselenggarakan di Aula Masjid UPI Kampus Sumedang, pada hari Rabu 11 Maret 2020

Kegiatan ini menghadirkan Wakil Sekretaris Bidang 3 (Keagamaan) PC PMII Sumedang, yaitu Alvi Wahdan Alvauzi. Dan turut dihadiri oleh kader-kader dari PK PMII UPI Sumedang, maupun kader dari komisariat lainnya.

Tema Genealogi Islam Indonesia dianggap menarik untuk dibahas, terutama dalam memberikan pemahaman awal mengenai silsilah atau sejarah perjalanan masuknya Islam ke Indonesia. Mengingat, Islam yang masuk dan disebarkan di Indonesia tidak melalui unsur kekerasan, melainkan menyesuaikan dengan kebudayaan lokal yang ada di Indonesia, hingga lahirlah Islam Nusantara.

Menurut Alvi, “pemahaman mengenai Islam Nusantara ini akan berkaitan dengan PMII, yang sama-sama berpegang teguh kepada Ahlussunnah Wal Jama’ah sebagai manhajul fikr wal harokah. Dimana unsur-unsur dari Aswaja itu sendiri adalah tasamuh, tawasuth, tawazun, dan ta’adul. Salah satunya yaitu mengenai tasamuh yang artinya toleransi, baik toleransi terhadap non muslim maupun terhadap kebudayaan.”. Namun, toleransi di sini bukan berarti membenarkan dan menghargai kesalahan. Menurutnya, kita juga harus mampu mengambil sikap dalam menghadapi suatu kesalahan, yaitu dengan mengingatkan kebaikan dengan cara yang baik pula.

Kader-kader yang hadir pada diskusi kali ini, merespon positif serta mengikutinya dengan antusias. Terlihat dari banyaknya pertanyaan kritis yang diajukan kepada narasumber. Mengingat hal tersebut, kader PMII sekaligus warga Indonesia harus memiliki kebanggaan tersendiri terhadap Islam Nusantara, dimana Islam yang hidup di Indonesia tidak bertolak belakang dengan kebudayaan yang ada. Melainkan menjadi satu kesatuan yang harmonis dan romantis.

Diskusi kali ini juga ditutup dengan pemberian semangat oleh Alvi kepada kader-kader yang baru selesai mengikuti Mapaba, untuk tetap semangat belajar dan berproses dengan baik di PMII.

comments