Pesantren Darul Maarif Cikedung Gelar Penyembelihan Hewan Qurban

22

MAJA, (Ansorjabar online)  – Momen Idul Adha tahun ini menjadi lebih bermakna bagi Keluarga Besar Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ma’arif Cikedung, Maja. Hal ini dikarenakan Ponpes ini masih bisa melanggengkan tradisi penyembelihan Hewan Qurban.

Ketua Panitia Qurban, Aan Subarhan mengatakan prosesi penyembelihan hewan Qurban tahun ini berupa 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

“Alhamdulillah, tahun ini kami masih bisa melaksanakan Qurban berkat partisipasi dari pengasuh ponpes dan sumbangan pengusaha dari Bogor”, katanya disela-sela prosesi penyerahan dan penyembelihan hewan qurban di Lapangan Ponpes Darul Ma’arif Cikedung Maja (Sabtu, 2/6).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Asatidz ini juga mengatakan penyembelihan sudah menjadi tradisi setiap tahun di ponpes sebagai bentuk pembelajaran bagi santri.

“Setiap tahun tradisi ini berjalan, semoga menjadi pembelajaran bagi anak-anak” ungkapnya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Drs. H.E. Afief Alfiana, M.S.i mengungkapkan kegembiraannya dikarenakan tahun ini lembaganya menerima kepercayaan dari luar untuk melaksanakan penyembelihan hewan qurban.

“Tentunya kami bersyukur atas kepercayaan dari luar yang memberikan dan menitipkan hewan qurbannya untuk dikelola oleh lembaga kami”, ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa ponpes ini terdiri dari lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma’arif dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darul Ma’arif yang tentunya memberikan pembelajaran langsung kepada siswa dan santri tentang makna serta hakikat berqurban.

” Tujuan Berqurban ini tentunya menjalankan syariat agama dan menanamkam pembelajaran langsung kepada siswa maupun santri tentang hakikat berqurban dan berbagi”, kata pria yang biasa dipanggil H. Encep ini.

Diakhir sambutannya, H. Encep berharap ke depan lembaganya masih bisa terus berinovasi memberikan yang terbaik untuk masyarakat khususnya dalam tradisi berqurban ini.

“Doakan ke depan lembaga kami tambah maju, dan tentunya hewan qurban bisa terus bertambah setiap tahunnya”, tutur pria yang juga menjabat sebagai Kepala MTs Ma’arif ini.

Dilain pihak, Dalam sambutannya salah seorang penyumbang Hewan Qurban H. Imam mengucapkan rasa terimakasih pula kepada pengasuh ponpes Daarul Ma’arif yang telah mau memfasilitasi dirinya untuk melaksanakan dan mengelola hewan qurbannya.

“Kami sangat bersyukur proses pengelolaan disini sangat baik dan pastinya tepat sasaran untuk menjalankan syariat agama ini.” ujar pengusaha asal bogor ini didampingi Hj. Amel strinya

H. Imam juga merasa bersyukur tahun ini bisap menyumbangkan 1 ekor sapi tahun ini ke ponpes Darul Ma’arif.

“Mudah-mudahan shilaturrahmi ini bisa berlanjut, dan mohon doa dari semuanya supaya saya sekeluarga bisa istiqomah dan tentunya tahun-tahun berikutnya bisa kembali melaksanakan qurban bersama keluarga besar Ponpes ini. Semoga tahun depan bisa bertambah apa yang saya berikan untuk ponpes ini. Insya Allah, apalagi istri saya Hj Amel ini merupskan alumni MTs disini”. pungkasnya.

Dalam prosesi penyerahan dan penyembelihan hewan qurban tampak hadir Ketua Yayasan Darul Ma’arif Drs. H. Aa Trisnogomo, MM, Pengasuh Ponpes dan Kepala MTs Drs.H. E. Afief Alfiana beserta jajarannya, Ketua Panitia Aan Subarhan, Aparat Desa Maja Utara, Jajaran Dewan Guru dan Dewan Asatidz serta ratusan siswa dan santri ponpes Darul Ma’arif. (edi)

Comments

comments