Pernyataan Sikap Kelompok Cipayung JABAR Tentang Insiden Demonstrasi di Cianjur

613

Insiden yang terjadi pada saat aksi massa mahasiswa Cianjur Pada hari Kamis, 15 Agustus 2019 di Kantor Pemerintah Daerah Cianjur.

Bahwa aksi massa untuk menyuarakan pendapat di muka umum, pada dasarnya adalah hak yang melekat pada setiap warga negara Indonesia.

Bahwa adanya insiden yang terjadi pada saat aksi massa mahasiswa Cianjur pada hari Kamis, 15 Agustus 2019, di Kantor Pemerintah Daerah Cianjur, yang menyebabkan anggota Kepolisian Cianjur mengalami luka bakar.

Maka oleh karenanya, kami selaku Kelompok Cipayung Plus Provinsi Jawa Barat dengan ini menyatakan sikap sebagaimana berikut:

1. Kami sangat menyayangkan dan prihatin atas terjadinya insiden dimana anggota Kepolisian Cianjur mengalami luka bakar pada saat menangani aksi massa mahasiswa di Cianjur pada hari Kamis, 15 Agustus 2019, di Kantor Pemerintah Daerah Cianjur. Kami berharap korban dapat segera pulih seperti
sedia kala.

2. Kami mengapresiasi atas kinerja Kepolisian Cianjur yang berusaha untuk menangani gerakan aksi massa dalam menyuarakan pendapat di muka umum oleh mahasiswa Cianjur.

3. Kami mengapresiasi aksi massa sebagai bentuk kritisisme dalam melakukan kontrol terhadap Pelaksanaan Tata Pemerintahan yang baik, agar kemudian cita-cita kemerdekaan Indonesia dapat direalisasikan.

4. Kami menyayangkan dalam proses penanganan aksi massa oleh pihak terkait kurang maksimal, dimana instrumen kelengkapan dalam menangani semua kemungkinan yang terjadi pada aksi massa kurang memadai, sehingga kemudian menimbulkan korban.

5. Kami berharap sikap profesional pihak kepolisan Cianjur untuk membebaskan setiap anggota Kelompok Cipayung Plus (PMII, GMNI, IMM dan Hima Persis) yang terbukti tidak bersalah atas terjadinya insiden luka bakar anggota Kepolisian Cianjur.

6. Kami menghimbau kepada segenap anggota Kelompok Cipayung Plus (PMII, GMNI, IMM, dan Hima Persis) di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat untuk tidak termakan berita HOAX, serta senantiasa menjaga situasi aman dan Kondusif.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat dan sampaikan untuk diketahui bersama.

 

 

Download Surat Pernyataan Sikap pernyataan sikap kelompok cipayung jabar tentang insiden demonstrasi di Cianjur

comments