Perkemahan Sabuka Ma’arif adakan Bakti Sosial

96

Perkemahan Sabuka Ma’arif adakan Bakti Sosial

Majalengka, Ansorjabaronline – Untuk meningkatkan mental dan keterampilan bersosialiasi dikalangan kader Pramuka maka salah satu agenda Perkemahan Selasa, Rabu dan Kamis (Sabuka) 2019 adalah bakti sosial berupa observasi lingkungan, membersihkan mushola dan lingkungan di Wilayah Desa Gunungwangi Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Hal ini disampaikan oleh Pembina Pramuka MTs dan SMK Ma’arif Cikedung Maja, Aan Subarhan dalam Acara Pembukaan Perkemahan Sabuka di Buper Gunungwangi Kecamatan Argapura, (8/10).

Ia menjelaskan bahwa perkemahan yang dilaksanakan selama tiga hari merupakan program rutin tahunan sekolah dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan kemandirian para siswa dalam dunia kepramukaan. “Tiap tahun kita mengadakan kemah Sabuka ini, anak-anak kami didik untuk terus hidup mandiri dengan berbekal keterampilan dan ilmu yang dimilikinya”, jelasnya.

Bahkan menurut Kang Aan biasa pria ini disapa mengungkapkan dalam agenda perkemahan ini anak-anak didinya juga diharapkan bisa berinteraksi sosial yang baik dengan masyarakat sekitar lokasi perkemahan dan juga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. “Berbagai kegiatan sosial juga kita laksanakan dalam perkemahan ini disamping kegiatan inti lainnya berupa materi-materi ke pramukaan”, tambahnya.
Senada dengan Aan, Ketua Majelis Pembina Gugus Depan (Kamabigus) Pramuka MTs Maarif Cikedung Maja, Drs. H. E. Afief Alfiana, M.Si yang didaulat untuk membuka acara Perkemahan Sabuka mengungkapkan bahwa kader-kader pramuka Ma’arif Cikedung Maja selain Cinta terhadap tanah air dan mempunyai jiwa nasionasilme yang tinggi juga harus mampu menjadi kader-kader terdepan dalam menjawab tantangan zaman dengan kemampuan dan ilmu yang mumpuni. “Ke depan tantangan zaman ini semakin kompleks, kalian semua kader-kader pramuka maarif harus siap membekali diri dengan ilmu dan keterampilan yang mumpuni agar bisa tampil terdepan”, ungkapnya.

Ia pun menambahkan sudah menjadi komitmen kita bersama bahwa sebagai kader-kader NU harus menguasai berbagai disiplin ilmu dan keterampilan. Oleh karenanya melalui kegiatan perkemahan ini diharapkan tumbuh mental-mental disiplin dan semangat yang tinggi dalam diri untuk bisa menjadi kader Ulul Albab atau kader-kader yang paripurna. “Mari kita maknai kegiatan ini sebagai kawah candradimuka yang akan menggembleng kalian semuanya untuk memotivasi diri menjadi insan-insan yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan agama”, ajaknya dihadapan ratusan peserta perkemahan.

comments