Peringati Hari Lahir Pancasila, GP. Ansor Kubu Raya akan Adakan Dialog Kebangsaan dan Apel Kesetiaan

60

Kubu Raya (ansorjabar online)
Memperingati Hari Lahir Pancasila, yang jatuh pada 1 Juni, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kubu Raya akan menggelar Dialog Kebangsaan dan Apel Kesetiaan Pancasila pada Minggu, (04/5/2017). Acara apel kesetiaan tersebut dilaksanakan sesuai dengan agenda tahunan GP Ansor dan juga nantinya dilaksanakan buka puasa bersama.

Menurut ketua Panitia Apel Kesetiaan Pancasila dan Dialog Kebangsaan GP. Ansor Kabupaten Kubu Raya, Firman, selain melaksanakan Apel Kesetiaan Pancasila, Dialog Kebangsaan juga akan dalam rangka silaturahmi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemerintah serta silaturahmi dengan segenap Banser se Kubu Raya yang kemaren sudah mengikuti Diklatsar.

“Hari lahirnya pancasila merupakan inisiasi dari PBNU pada Harlah NU ke 93 di Pasuruan dan ditetapkan secara resmi oleh pemerintah bahwa tanggal 01 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, Selain itu juga kami ingin menegaskan bahwa seluruh elemen Ansor dan Banser akan berada dibaris terdepan menjaga dan merawat Pancasila sebagai Pondasi negara Indonesia. Jelas Sekretaris PC. PMII Kota Pontianak Periode 2011-2012.

Pada dewasa ini semangat kebangsaan mulai melemah digerus oleh pemahaman yang tidak menginginkan sebuah bangsa kita berideologikan pancasila.

“Ini komitmen Ansor yang di amanatkan oleh Ulama Nusantara yaitu siapapun yang ingin merusak Pancasila dan yang merongrong keutuhan NKRI, NU harus bertanggung jawab untuk menghadangnya, karena ini tanggung jawab Ansor untuk menghadangnya jika ada oknum yang ingin merubah ideologi NKRI ini”. Paparnya

Firman menambahkan bahwa Berdasarkan hasil Muktamar Nahdlatul Ulama di Situbondo bahwa NU secara resmi menerima Pancasila sebagai azas tunggal, hal ini sesuai dengan dawuhnya KHR. As’ad Syamsul Arifin (Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo) bahwa “Pancasila sebagai dasar dan falsafah Negara Indonesia harus ditaati, harus diamalkan, harus tetap dipertahankan dan harus tetap dijaga kelestariannya”, dan kata keharusan itu sebuah kewajiban bagi kami untuk terus menggelorakan nilai-nilai Pancasila tersebut.

“Pancasila adalah ciri khas Bangsa Indonesia, baik dari budaya, karakter bangsanya dan kemajemukannya”. katanya

Lebih lanjut Firman menambahkan, bahwa kegiatan Apel Kesetiaan Pancasila dan Dialog Kebangsaan itu akan dilaksanakan di Aula Camat Sungai Ambawang Jl. Trans Kalimantan, pada 4 Juni 2017, pemateri dialognya, Letkol Moh. Sawi, SH. S.IP. MH (TNI Kodam Tanjungpura), Muhammad Nurdin, S.Pd (Ketua GP. Ansor Kalbar), KH. Abdussalam, S.Ag. M.Si (Ketua NU Kubu Raya).

“Dialognya pada Pukul 15.00 WIB, Apel Kesetiaan Pancasila pada Pukul 17.00 WIB setelah itu baru berbuka bersama. Apel ini insyaallah akan di hadiri oleh semua Pengurus GP. Ansor Se Kubu Raya dan 200 Personel Banser Se Kubu Raya,” katanya.

Comments

comments