Pererat Ukhuwah Nahdliyyah, IAI Cipasung Gelar Rihlah Ke UNHASY

132

Tasikmalaya, (AnsorJabar Online),-
Demi terciptanya Ukhuwah Nahdliyyah Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) melaksanakan Rihlah ilmiyah ke Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) Tebuireng Jombang pada Kamis (26/01).

Rombongan dengan armada 9 Bis ini memulai perjalanan dari Cipasung Tasikmalaya pada Senin (23/01) yang kemudian berziarah ke Walisongo,Syekh Holil Bangkalan dan Terakhir ke Tebuireng untuk berziarah kepada Pendiri Jam’iyyah Nahdlatul Ulama Hadratusyaikh KH.Hasyim Asy’ari dan dzuriyahnya termasuk KH.Wahid Hasyim, Gusdur dan yang lainnya dan Rihlah Ilmiyah ke UNHASY.

Mahasiswa Smester 5 dan Civitas Akademika IAIC ini disambut pihak UNHASY dan mengdakan pertemuan di kampus yang berada di tengah tengah pesantren tebuireng.

Dekan Fakultas Tarbiyah H.Dendi Yuda,S.Pdi,M.Pd.I yang mewakili Rektor IAIC Drs,KH.A.Bunyamin Ruhiat,M.Si menyampaikan bahwa dengan berlandaskan histori Cipasung dan Tebuirng mempunyai hubungan yamg sangat erat.

Ketika itu Pimpinan Pesantren Cipasung dan Rektor IAIC KH. Muhammad Ilyas Ruhiat berduet dengan KH.Abdurrahman Wahid memimpin Jam’iyyah NU Hasil Muktamar NU Ke 29 yang digelar di Cipsung Tahun 1994.

Kiai Ilyas menjadi Rois Amm dan Gusdur sebagai Tanfidziyahnya. Dengan adanya landasan histori ini maka kunjungan ini diharapkan bisa membangun silaturahmi dan kerjasama antara dua Perguruan Tinggi yang sama sama ada di lingkungan pesantren dan merajut Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Nahdliyyah.

Pihak UNHASY yang diwakili Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdain Masyarakat (LP2M) Drs.H.Ahmad Faruq Zawawi,M.Ag memyampaikan pertemuan ini semoga sesuai yang diharapkan mampu mempererat ukhuwah Nahdliyyah kita.

Kedua Kampus yang berhaluan NU ini saling memaparkan Profil masing masing kampus dan beberapa programnya, seperti KKN Internasional di Thailand, program bahasa yang dioptimalkan, bidang penelitian dan kepenulisan di jurnal ilmiyah,enterprainer dan lain sebagainya.

Setelah itu Para Mahasiswa IAIC ini diajak berdialog seputar kampus dan beberapa program dan terjadi beberapa tanya jawab diantara kedua pihak . (Husni Mubarok)

comments