Pentingnya Wawasan Kebangsaan

311

Oleh: Moh. Haqie Annazili (Ketua Umum PAC. IPNU Kecamatan Plered)

Bagi Pelajar Dan Santri Menyimak keadaan Wawasan Kebangsaan Indonesia pada rakyat kita yang sangat memprihatinkan ini, sepatutnya bangsa ini sepakat untuk memantapkan kembali komitmen terhadap nilai-nilai kebangsaan yang sudah longgar itu, Khusus nya kepada Pelajar dan Santri.

karena mereka sebagai pewaris dan pemilik bangsa Indonesia di masa depan. Kita perlu suatu landasan yang kuat dan konsepsional untuk membangun kembali persatuan dan kesatuan serta jiwa nasionalisme yaitu “Wawasan Kebangsaan”.

Sebagai bangsa kita memiliki pancasila yang menjadi pandangan hidup bangsa, dasar Negara dan ideologi nasional di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara yang berakar kuat di dalam kebudayaan daerah-daerah Indonesia. Rasa keyakinan dan memiliki menjadi bagian integral dari bangsa kita inilah yang perlu kita pupuk dan kembangkan diantara generasi muda.

Pengenalan lebih dalam mengenai aneka ragam adat istiadat, flora fauna, kelebihan dan kekurangan masyarakat kita, kekayaan alam,lagu-lagu rakyat,nyanyian dan tarian daerah, bahasa daerah, tradisi keagamaan, riwayat hidup pahlawan-pahlawan bangsa Indonesia, peran serta rakyat Indonesia di dalam upaya kemanusiaan dan perdamaian di dunia internasional.

Sumbangsih Indonesia di dunia olahraga dan kesenian merupakan upaya yang dapat dilaksanakan dengan berbagai metode yang relevan untuk melaksanakan bimbingan di pondok pesantren, sekolah maupun dilingkungan keluarga, Pelajar dan santri yang akan menjadi pemimpin bangsa Indonesia dimasa yang akan datang.

oleh karena itu di pondok pesantren atau di sekolah para pelajar dan santri wajib di godog dengan matang untuk mempunyai wawasan kebangsaan dengan seluas-luasnya, bercermin sejarah awal berdirinya bangsa Indonesia, santri dan kyai turut serta mengorbankan segala halnya untuk kepentingan bangsa Indonesia yaitu mencapai kemerdekaan.

Pada kenyataanya bahwa Kyai dan santri mempunyai wawasan kebangsaan yang luas dan sampai sekarang tradisi pondok pesantrenlah yang selalu mengamalkan nilai-nilai pancasila dengan seiringnya zama moderenisasi pelajar dan santri tidak boleh padam terhadap wawasan kebangsaan karena pelajar dan santrilah yang akan mengemban amanah pahlawan-pahlawan bangsa Indonesia ini.

Oleh karena itu wawasan kebangsaan adalah ssesuatu yang sangat penting dan di butuhkan oleh rakyat Indonesia khusunya geerasi muda yaitu pelajar dan santri.

Yang bertugas meneruskan estafet perjungan-perjuangan para pahlawan bangsa dalam rangka membangun suatu Bangsa dan Negara menjadi Bangsa dan Negara yang maju, Damai, Aman, Sejahtera, rukun, serta untuk menjaga dan melestarikan kultur bangsa Indonesia di era globalisasi ini, agar kultur bangsa kita menjadi kultur yang asli dan tidak tercampur dengan bangsa dan Negara luar, yang dapat menghilangkan jati diri bangsa.

Untuk itu perlu diperhatiakan oleh pelajar dan santri umumnya rakyat Indonesia :

pertama, tumbuh kembangkan trus pemahaman tetntang wawasan kebangsaan sebagai alat pemersatu bangsa dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah rakyat, walaupun latar belakang suku, agama, ras dan adat istiadat yang berbeda.

kedua, hayati dan pahami secara utuh butir-butir dari wawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan yang merupakan jiwa bangsa Indonesia dan pendorong tercapi cita-cita bangsa.

dan ketiga, bina terus semangat kebangsaan, dilingkungan sekitar kita sebagai anak bangsa yang mencintai dan berani berkorban demi bangsanya dalam upaya mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia .

Semoga Bangsa kita berada dalam lindungan Allah SWT, dan semoga bangsa yang kita cintai ini dalam dalam keadaan aman,damai dan sejahtera, dan semoga kita sebagai anak bangsa menjadi anak bangsa yang beguna bagi negaranya sendiri, semoga kita dapat mengimplementasikannya dalam keseharian kita.

comments