Peningkatan Kinerja Kepala Madrasah Dilingkungan Kemenag Kab. Sukabumi melalui Bimtek sebagai Langkah Pasti Menuju Madrasah Hebat Bermartabat

158

Peningkatan Kinerja Kepala Madrasah Dilingkungan Kemenag Kab. Sukabumi
melalui Bimtek sebagai Langkah Pasti Menuju Madrasah Hebat Bermartabat

Oleh : Ade Ridwan, SH.,M.Pd
(Sekretaris KKMA Kab. Sukabumi dan Bidang Perlindungan Hukum Guru Madrasah FOSIKMAS Jawa Barat)

Seluruh Kepala Madrasah, dari Jenjang RA, MI, MTs dan MA di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi , dari 29 Jan 2020 s.d 5 Feb 2020 yang terbagi kedalam beberapa gelombang pelaksanaan mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penguatan Kepala Madrasah yang diselenggarakan atas kerjasama KKM, Kemenag dan Badan Diklat.
Pelaksanaan kegatan Diklat Kepala Madrasah dalam rangka mengimplementasikan surat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor B-3019/Dt.I.II/KP..02.3/09/2019 tanggal 17 September 2019 Tentang Bimbingan Tekhnis Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah pada madrasah yang diselenggarakan oleh Masyarakat dan surat Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor B-4189.1/Dt.I.II/KP.02.3/11/2019 tanggal 13 November 2019 hal Bimtek penguatan kompetensi kepala Madrasah ini sebagai respon atas edaran tersebut
seluruh peserta diklat akan mendapatkan materi-materi yang berkaitan dengan manajerial sekolah, di antaranya kebijakan kementerian, kebijakan pemerintah daerah, teeknis analisis manajemen, pengembangan RKS dan pelaporan, pengelolaan keuangan, pengelolaan kurikulum, pengelolaan PTK, pengelolaan peserta didik, pengelolaan sarpras, supervisi dan PK Guru, supervisi dan PK Tendik, rencana PKB, kepemimpinan perubahan, pengembangan kewirausahaan, pengembangan sekolah berdasarkan 8 SNP.
Selain materi-materi itu, peserta secara khusus juga mendapatkan materi tentang mendapatkan materi literasi digital yang digunakan untuk menguatkan program literasi di sekolah.
Mulai dari mulai hari pertama pelaksanaansangat terasa semangat dan antusias yang luar biasa dari seluruh peserta bimtek. Keaktifan dan respon positif dari setiap sesi memberikan suasana bimtek semakin dinamis. Hal ini karena adanya kesamaan visi dari seluruh peserta akan pentingnya perbaikan kualitas pengelolaan Madrasah.
Seputar pengelolaan madrasah sejatinya bukan barang baru bagi peserta bimtek, karena posisi saat ini sudah menjadi pimpinan di unit madrasah masing-masing. Akan tetapi, setiap sesi curah pendapat di awal materi, pasti ada berbagai pengalaman yang dicurahkan oleh peserta. Dan itu memberikan informasi dan pengalaman yang sangat berharga bagi peserta diklat yang lainnya.
Terlebih, pelaksanaan diklat ini dipandu oleh narasumber yang memiliki lisensi sebagai master traiiner Semangat untuk melakukan perubahan pengelolaan pendidikan di Madrasah menjadi ‘virus menular’ dari kegiatan Bimtek ini, dengan jiwa pembelajar yang dimiliki peserta menjadikan setiap sesi/materi terasa nikmat.
Peran dan fungsi Kepala Madrasah saat ini fokus pada 3 koponen besar yaitu manajerial, kewirausahaan dan supervisi. Menjalankan peran dan fungsi ini membuat kepala Madrasah akan banyak melakukan penataan dan pengelolaan terhadap berbagai komponen yang ada di sekolah. 8 SNP yang ada menjadi ukuran-ukuran yang harus dicapai, terlebih ada standar kekhasan yang harus dimplementasikan di SIT.
Menyadari akan pentingnya peran sebagai kepala Madrasah, maka menjadi pribadi yang terus belajar merupakan satu karakter yang harus ada dalam diri kepala madrasah. Posisi kepala Madrasah bukan sekedar jabatan prestisius, akan tetapi jabatan yang menjembatani perubahan generasi melalui berbagai aktivitas pembelajaran di Madrasah.
Kepala Madrasah harus menyadari bahwa kuantitas dan kualitas pekerjaan tidak hanya melalui ukuran-ukuran angka dari setiap capaian target program kerja. Lebih dari itu, totalitas dalam mengabdikan diri di Madrasah dan di dunia pendidikan inilah yang menjadi spirit perubahan tersebut.
Pendidikan adalah investasi kebaikan buat diri, generasi dan peradaban. Oleh karenanya, ikhtiar yang maksimal untuk mempersembahkan layanan terbaik merupakan ‘setinggi-tinggi’ nya kualitas hidup seorang kepala Madrasah.
Bimtek penguatan kepala madrasah ini pada akhirnya bertujuan mewujudkan pengelolaan madrasah yang efektif dan bermutu untuk menghasilkan lulusan yang hebat dan bernartabat, semoga

comments