Pemuda Penggerak Desa Purwakarta Gelar Deklarasi

8

Purwakarta, jagatngopi.com – Ratusan pemuda perwakilan dari 182 desa yang ada di Purwakarta menggelar deklarasi Forum Pemuda Penggerak Desa Nusantara (FORMUDENA) Kabupten Purwakarta, di Aula Graha Vidya Jatiluhur, Selasa (21/11/2017).

Forum ini dibentuk, setelah sebelumnya para perwakilan Pemuda masing-masing desa mengikuti Rakor Pengembangan Pusat Kemasyarakatan Desa Kabupaten Purwakarta 2017 pemanfaatan program dari Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT RI.

Ketua Dewan Pembina Formudena Kabupaten Purwakarta, H. Hadi M Musa Said, mengatakan, Forum ini sengaja dibentuk dan melibatkan perwakilan Pemuda-Pemudi seluruh Desa yang ada di Purwakarta

“Ini adalah followup kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari, dan tujuan dibentuknya forum ini untuk Pemberdayaan Pemuda yang ada di Purwakarta,” jelas Ade, panggilan akrab Hadi Msa Said.

Ade memaparkan, para Pemuda Penggerak Desa ini kedepan akan mengisi dan menjadi Garda terdepan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Ekonomi (SDE) di masing-masing Desa.

Formudena lanjut dia, siap bersinergi dengan Pemerintah melalui Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan pelaku -pelaku usaha swasta yang ada di Desa dengan srgala potensinya untuk melakukan Pemberdayaan Masyarakat Desa secara langsung.

“Kedepan Desa menjadi sentra-sentra ekonomi yang berbasis potensi lokal, ini harus dikembangkan secara terus menerus, agar Desa tumbuh dan berkembang dan Mandiri. Sekali lagi kami akan melakukan langkah langkah yang setrategis guna percepatan Pembangunan di Desa, pertahanan Masyarakat Desa dari paham-paham Radikal yang terus mrnyerang dengan berbagai dalih yang menyudutkan Penerintah. Harus ada upaya-upaya yang serius dan disini peran Pemuda Desa menjadi sangat penting, ungkapnya.

Selanjutnya mendorong Desa menjadi tempat yang nyaman bagi Pemuda dengan berbagai hal yang menarik dan pusat kegiatan Pemuda yang layak, apalagi Desa sekarang sudah ada dana Desa yang diharapkan mampu menjadi pintu masuk Pemberdayaan masyarakat desa dalam banyak sektor.

“Desa adalah ujung tombak yang langsung bersentuhan dengan Rakyat, mau tidak mau harus mendapatkan Prioritas Pembangunan di Negeri ini.  Pemuda-pemuda Desa yang selama ini pergi ke kota karena memang tidak ada yang menarik didesanya, kita berharap Desa menjadi pilihan utama untuk prmberdayaan ekonomi dan pendidikan, Pemerintah juga harus membangun Lembaga lembaga Pendidikan yang berkualitas dan berKarakter guna menyiapkan geberasi generasi yang terampil yang punya keahlian untuk memajukan desanya, banyak sekali potensi Desa yang selama ini terlupakan dan belum tergali drngan baik, inilah tugas Pemuda Desa untuk terus memodifikasi dan memunculkan ide ide yang mrndorong munculnya ekonomi kreatif. Termasuk pengembangan wirausaha mandiri bagi Pemuda yang berbasis di Desa,” Pungkas Ade.

Sumber : jagatngopi.com

Comments

comments