Pemuda Harus Bangun Saling Percaya (Trust)

31

Oleh : Ahmad Suaidi
(Ketua PAC Parung Panjang Kab.Bogor )

Kata Trust dalam bahasa inggris diartikan sebagai jaminan mutlak dalam hal keandalan diri sendiri atau orang lain. Suatu penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan mempunyai pengaruh yang nyata pada efektivitas kelompok, memungkinkan tiap anggota kelompok mengungkapkan perasaan dan perbedaan secara terbuka.

Sering terjadi kita memandang orang lain dengan pandangan yang sempit sehingga kepercayaan pada anggota yang lain tidak seperti pemimpin kepada diri kita. Pemimpin dan anggota tim harus saling mendorong pengembangan diri dan mendorong terciptanya kepercayaan pada tiap anggota.

Percaya dimulai dengan menghargai. Anda tidak akan dapat mempercayai seseorang jika tidak menghargainya. Jika anda menghargai dan mempercayai rekan satu team, berarti anda dapat bersandar padanya dan ia pun dapat memberikan sandaran pada anda.

Begitupun sikap kita dalam menyikapi kebijakan pemerintah. Setiap pemimpin pastinya memiliki karakter yg berbeda, kecondongan arah berfikir yg berbeda sehingga dapat dimaklumi jika pemimpin yg satu dan yg lain jauh berbeda dalam mengatasi segala persoalan dalam tanggungjawabnya. Saling percaya merupakan senjata untuk kemajuan bangsa.

Prasangka buruk, kritik yg menjatuhkan, ketidak sabaran dalam mencari solusi dari masalah bangsa adalah awal dari kehancuran. Memberikan kepercayaan bukan berarti anti kritik dan masukan, hanya saja itu merupakan motivasi yg dapat menguatkan seorang pemimpin dalam mengemban amanahnya.

Kader Ansor mesti membudayakan sikap saling percaya antar sesama, dimulai dari diri sendiri, keluarga, masyarakat kecil yg nantinya akan menjamur ke seantero negeri tercinta.

Biarlah roda politik di negeri ini berputar sesuai porosnya, bolehlah pemimpin negeri ini silih berganti sesuai masanya yang pasti sikap saling percaya dan meminimalisir sikap curiga meski diutamakan agar negeri ini menjadi negeri yg bermartabat dengan berlandaskan sikap saling percaya dan saling menghargai.

Bukankah hal ini pun adalah kebaikan serta keutamaan bahkan perintah yg telah disyariatkan Baginda Rosulillah SAW>

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Comments

comments