Pelatihan Kepemimpinan Dasar Gerakan Pemuda Ansor

Pelatihan Kepemimpinan Dasar Gerakan Pemuda Ansor

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Krangkeng, menggelar kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) VI GP Ansor, yang bertempat di Pondok Pesantren SMP Nurul Anshor, Desa Kapringan, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari sejak tanggal 26 hingga 27 Desember 2020 tersebut dihadiri oleh, Muspika Kecamatan Krangkeng, PC GP Ansor, Camat Krangkeng Ali Alimudin, Rois Syuriah MWC NU Krangkeng KH. Badruddin Yuha, Banom NU seperti Fatayat NU, IPNU-IPPNU, tokoh agama, dan pimpinan majelis Sulthoniyah Krangkeng, beserta tokoh masyarakat.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Krangkeng, Imam Bukhori mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaring kader yang mempunyai wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, sebagai bagian konsistensi GP Ansor dalam mengawal perjalanan bangsa.

“Dari sinilah pemuda Nahdliyyin tertantang untuk meng-counter suatu gerakan-gerakan yang mengatasnamakan agama, tapi justru melemahkan nilai-nilai Islam sebagai agama yang merangkul perbedaan,” Katanya saat di lokasi kegiatan, Minggu (27/12/2020).

Ditempat yang sama, Rois Syuriah MWC NU Krangkeng, KH Badruddin Yuha menegaskan, pemuda NU harus tanggap akan keadaan, jangan sampai lingkungan yang biasa menjalankan tradisi NU, justru diisi dengan pengajian yang penuh hasutan.

“Mengkafirkan, membid’ahkan, bahkan melawan pemerintahan, itu jangan sampai masuk dalam lingkungan kita,” tegasnya.

Ditempat terpisah, Mantan Ketua PAC GP Ansor Krangkeng yang juga Wakil Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Indramayu, Amin Hidayat menuturkan, PKD merupakan jenjang pertama kaderisasi bagi anggota baru.

“Kaderisasi sebagai jantung dari sebuah organisasi yang akan melahirkan calon para pemimpin negeri, kaderisasi GP Ansor sebagai ikhtiar merawat dan mencintai Indonesia,” tuturnya sa’at dihubungi melalui Handphone.

Amin Hidayat yang biasa dipanggil mas Yayat menyampaikan, PKD VI GP Ansor tersebut bertujuan sebagai proses penerimaan anggota baru. Adapun pesertanya bukan hanya diisi dari Kecamatan Krangkeng saja, melainkan dari beberapa Kecamatan yang ada di Indramayu juga turut hadir untuk mendaftarkan diri.

“PKD GP Ansor Ke enam menjadi salah satu ikhtiar mengikat warga, khususnya pemuda Nahdliyin untuk berkomitmen dalam menjaga NU, dan mengawal perjalanan bangsa yang saat ini terus diracuni sentimentil  kelompok radikal yang mengatasnamakan agama,” pungkasnya.

comments