Pelajar NU Plered Meriahkan Ramadlan, Dengan Pesantren Kilat

55

Purwakarta, (ansorjabar online)
Kehadiran Bulan suci Ramadhan selalu ditunggu dan keberadaannya selalu mendapatkan tempat istimewa dalam tiap diri muslim. Selain sebagai salah satu bulan yang dispesialkan oleh Allah SWT, bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk melipat-gandakan kegiatan-kegiatan positif.

Hal ini yang menjadi landasan kegiatan Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) kecamatan Plered, Purwakarta. untuk mengadakan Pesantren Kilat (Sanlat) selama kurang lebih 7 hari, dimulai sejak 14-21 Ramadhan.

Tujuan digalakannya kegiatan sanlat ini seperti yang dipaparkan rekan Haqie selaku ketua PAC IPNU Kecamatan Plered “Kami menyelenggarakan acara pesantren ramadhan ini mempunyai tujuan yang begitu besar yaitu mencetak pelajar-pelajar plered khususnya menjadi pelajar yang mampu bersaing dalam segala bidang ilmu, oleh karena itu Insyaallah kami akan menghadirkan pemateri-pemateri yang akan memberikan ilmu-ilmu Agama maupun Umum” tukasnya.

Kegiatan Sanlat ini, selain diisi dengan pemberian pemahaman menyeluruh dari mulai Akhlaq, fiqih, keutamaan bulan Ramadhan dan ke-Indonesiaan, juga diakhir kegiatan akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan. Seperti Fashion Show, Cerdas Cermat, Pidato, Puisi, Kaligrafi dan Musabaqah Tilawatil Qur’an.

Disamping itu, kehadiran IPNU dan IPPNU bertanggung jawab atas keberlangsungan estafeta kepemimpinan dimasa yang akan datang, hal senada disampaikan Rekan Haqie “Organisasi Pelajar Mempunyai kewajiban Real untuk bisa melanjutkan estafet kepemimpinan Agama, Bangsa Dan Negara Ini, Oleh Karena itu Panitia Sanlat ini akan mengisi dan memberikan Ilmu-Ilmu Organisasi dan Wawasan Kebangsaan” ujarnya, yang kini masih aktif Sebagai Mahasiswa Akhwal Syahsiyah di kampus DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta.

Target peserta Sanlat ini meliputi pelajar dini, (SD/ MI) pelajar menengah (SMP/ MTs-sederajat) dan pelajar tingkat Atas (SMA/ MA sederajat).

Hal mendasar yang menjadi acuan targetan peserta adalah, keberadaan kaum pelajar dengan hadirnya Bulan Ramadhan, diharapkan mampuh merangsang kembali daya nalar yang lebih mengedepankan sikap yang berpola pada prinsip dasar Aswaja yang meliputi “Tasammuh, Tawasuth, Tawajun, i’tidal dan amar ma’ruf nahi munkar”.

Karena, generasi-generasi muda yang sekarang lah yang akan menentukan wajah Islam Indonesia dimasa yang akan datang. Maka PAC IPNU-IPPNU merasa perlu membekali generasi Muda dengan faham-faham yang lima tadi atas pemateri yang mumpuni dan mempunyai kapasitas pada wawasannya. (Ali Ahmad Hudaya)

Comments

comments