Pejabat Publik Kuningan Bikin Gaduh

169

Pejabat Publik Kuningan Bikin Gaduh

Suasana Kuningan yang kondusif tiba-tiba memanas. Kondisi ini dipicu pernyataan seorang Kepala Dinas di lingkungan Pemda Kabupaten Kuningan yang berinisial UK. Dalam sebuat status media sosialnya dia menyatakan ‘Mulut sekolam yg paling berbusa-busa ngomong NKRI harga mati pd kemenong ya? Senyap tak kedengaran. Status yang dibuat dalam rangka mengomentari situasi politik di Papua itu, memancing kemarahan beberapa ormas. Ketua Ansor Kuningan KH. Didin angkat bicara, bahwa tidak seharusnya seorang pejabat publik berbicara yang bisa menimbulkan kemarahan publik. Seorang pejabat publik adalah public figure. Tentu saja apa yang dia perbuat akan menjadi sorotan dan akan dinilai publik.

Sementara Ketua Pagar Nusa Alfien Fadilah .SH sangat menyayangkan status tersebut. Karena status tersebut jauh dari nilai-nilai kesantunan yang selama ini dipraktikkan pejabat atau ASN yang berada di lingkungan Pemkab Kuningan. Pejabat publik ditempatkan masyarakat pada posisi terhormat sehingga setiap sikap dan perilakunya akan punya dampak luas.

Dilain pihak pengamat sosial Mbah Dawuk sangat menyesalkan pernyaatan oknum pejabat pemkab tersebut. Disaat kita sedang berduka karena kekeringan dan ancaman kekurangan pangan diberbagai wilayah, malah dia sebagai pejabat yang kebetulan bertanggung jawab atas ketahanan pangan di Kuningan malah membuat pernyataan yang dapat memancing kemarahan publik. Saya minta Bupati dan Sekda menertibkan pejabat seperti itu supaya Kuningan tetap kondusif

comments