PC PMII KABUPATEN SUKABUMI GELAR AKSI SOLIDARITAS SERENTAK DI TIGA LOKASI BERBEDA

74

PC PMII KABUPATEN SUKABUMI GELAR AKSI SOLIDARITAS SERENTAK DI TIGA LOKASI BERBEDA

Sukabumi (4/1), PC PMII Kabupaten Sukabumi menggelar aksi solidaritas penggalangan bantuan untuk para korban sabda alam di Cisolok, Pelabuhanratu. Aksi tersebut dilaksanakan serentak pada hari Kamis dan Jum’at (3-4/1/19) dari pukul 09.00 – 16.00 WIB di tiga titik lokasi yang berbeda, yaitu di sekitaran Alun-alun Kecamatan Cisaat, Pertigaan Cikembang, dan Pertigaan Cidahu, Cicurug. Terlihat penggalangan bantuan tersebut diikuti oleh para anggota dan kader diantaranya dari Komisariat STAI Al-Masthuriyah, Komisariat STAI Al-Barokah, PMII STAI Kharisma dan PMII STISIP Widyapuri Mandiri. Informasi yang didapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi bahwa korban longsor mencapai 29 Kepala Keluarga yang terdiri dari 64 orang selamat, 3 orang korban luka-luka dan dalam perawatan, 13 orang korban meninggal dunia dan 20 orang korban belum ditemukan.
Musibah longsor yang terjadi di Cisolok, Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, menyita perhatian banyak pihak termasuk PC PMII Kabupaten Sukabumi. Musibah tersebut menelan puluhan korban dan mengakibatkan infrastruktur tidak dapat digunakan. Masyarakat yang selamat saat ini tinggal sementara di pengungsian dan membutuhkan banyak bantuan untuk menjalani kehidupan sehari-hari. PC PMII Kabupaten Sukabumi menyadari betul bahwa peduli terhadap sesama manusia merupakan suatu keharusan untuk dilakukan. Oleh karena itu, aksi solidaritas tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu para korban dan sebagai upaya menanamkan kepekaan terhadap realitas yang terjadi dalam diri anggota dan kader.
Dalam kesempatannya Ketua PC PMII Kabupaten Sukabumi, Sahabat M. Khoer Affandi, menyampaikan bahwa “Bencana yang banyak terjadi belakangan ini mengingatkan kita untuk terus menjaga alam serta peduli terhadap sesama manusia, dan tidak ada satupun peristiwa yang terjadi tanpa ada hikmah didalamnya. Aksi penggalangan bantuan ini merupakan komitmen persaudaraan, kepedulian serta bentuk bela sungkawa dari PMII Kabupaten Sukabumi terhadap seluruh masyarakat yang tertimpa musibah.”
“Kemudian kami mendukung penuh terhadap seluruh pihak terkait, baik Pemerintah Daerah, BPBD, BASARNAS, Kepolisian, TNI dan pihak-pihak lainnya dalam menyelesaikan dan mengembalikan kondisi lokasi bencana serta proses evakuasi korban.” Lanjutnya.
Penggalangan bantuan yang dikumpulkan juga tidak hanya berupa uang, tetapi juga barang-barang lain yang dibutuhkan para korban seperti pakaian, makanan, selimut dan lain sebagainya. Oleh karena itu, aksi juga dilakukan dengan cara mendatangi rumah-rumah warga dan pasar-pasar sekitar titik lokasi.

(Bidang Eksternal PMII Cabang Kabupaten Sukabumi)

comments