PC ISNU SIDOARJO GANDENG MWC NU LP MAARIF KEC. SUKODONO ADAKAN PELATIHAN K-13 REVISI BAGI GURU KELAS 1 DAN IV

66

PC ISNU SIDOARJO GANDENG MWC NU LP MAARIF KEC. SUKODONO ADAKAN PELATIHAN K-13 REVISI BAGI GURU KELAS 1 DAN IV

Perkembangan dunia pendidikan yang sangat pesat seperti dinamika perubahan Kurikulum 2013 yang beberapa kali mengalami revisi membuat para guru merasa kebingingan, termasuk madrasah dan sekolah di lingkungan Ma’arif sebagai basis NU. Kondisi ini direspon cepat oleh PC ISNU Sidoarjo dengan mengadakan workshop. Bertempat di Aula MWC NU Kec. Sukodono Sidoarjo, 18-19 September 2017 kegiatan berlangsung dengan menggandeng MWC NU LP Ma’arif Kec. Sukodono.
Ketua MWC NU LP Maarif Suharsono selaku kecamatan yang ditunjuk menyambut baik kegiatan ini. Selama ini Ma’arif tidak punya partner pendidikan yang seideologi, ke mana harus. Dengan hadirnya ISNU, merasa ada mitra yang bisa diajak memikirkan pendidikan di NU. “Alhamdulillah kita sekarang punya mitra yang berna ISNU, mudah mudahan kerja sama ini terus berlanjut, tutur Kepala MI Darun Najah Kelopo Sepuluh itu.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua PC ISNU Sidoarjo Sholehuddin mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan PC NU LP Ma’arif Sidoarjo sebagai leading sector pendidikan NU kabupaten. Ini merupakan kali ketiga kegiatan Workshop K-13 Revisi yang digarap PC ISNU Sidoarjo. Sebelumnya acara yang sama dilakukan bersama K3M Kec. Tanggulangin dan MWC NU LP Ma’arif Kec. Taman. Doktor PAI Uinsa itu menbahkan, di ISNU banyak program yag bisa disinergikan selain bidang pendidikan, yaitu, saintek, kesehatan, lingkungan hidup, pemberdayaan perempuan, hukum, dan keagamaan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MWC NU Kec. Sukodono berpesan agar penguatan karakter bangsa harus dipertajam dalam lingkungan madrasah dan sekolah. Ini merupakan salah satu program Nawacita Presiden Jokowi-JK. Karena itu melalui keg.workshop ini, diharapkan bisa menerapkan dalam pembelajaran di sekolah maupun kelas.

Selama dua hari Ketua PC ISNU selaku narasumber yang juga Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya dibantu tim PC dan Calon PWC Sukodono membekali materi secara langsung praktik pembelajaran yang memuat substansi Dinamika Perkembangan K-13, Penguatan Pendidikan Karakter, Gerakan Literasi, Kompetensi Abad 21, High Ordet Thinking (HOT), Pembuatan RPP dan Penilaian.

Dengan pendekatan yang aktif, kreatif, dan menyenangkan, peserta antusias mengikuti hingga tuntas materi meskipun banyak penugasan utamanya pembuatan RPP yang disesuaikan dengan empat isu K-13 revisi.

Comments

comments