Pawai Obor Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan

Pawai Obor Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan

Dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, masyarakat Desa Kaplongan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu, menggelar kegiatan pawai obor mengelilingi jalan raya Desa setempat, pada hari Minggu (11/4/2021) pukul 20.00-23.00 WIB.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Masyarakat Desa Kaplongan dan mendapatkan dukungan dari Pemerintah Desa setempat serta Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Jami Al-Barokah Kaplongan.

Ketua Komunitas Perkutut Kaplongan yang juga Ketua PC IPNU Kabupaten Indramayu Periode 2010-2012, Amin Hidayat mengatakan, tradisi pawai obor menyambut datangnya bulan suci Ramadhan merupakan seruan untuk menghubungkan kembali budi pekerti yang sudah lama terjaga, serta mengingatkan kembali pentingnya kehidupan yang didasari atas rasa kasih sayang dan kepentingan bersama.

“Barang siapa yang bergembira akan hadirnya bulan Ramadhan, maka jasadnya tidak akan tersentuh sedikit pun oleh api neraka,” katanya.

Amin menerangkan, tujuan dari pawai obor tersebut merupakan upaya mengangkat kembali tradisi turun-temurun para leluhur dalam menyambut Ramadhan dengan penuh suka cita dan gembira.

“Pesan Rasulullah, barang siapa yang menyambut bulan suci Ramadhan dengan hati yang penuh gembira maka diharamkan jasadnya dari api neraka. Selain itu, dalam pawai kali ini, kami Ingin menyampaikan pesan damai bagi seluruh komponen bangsa,” tutup Amin.

Sangat terlihat, massa begitu antusias mengikuti pawai obor yang disertai iringan drumband dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan itu.

Kegiatan pawai obor dimulai dari halaman Balai Desa Kaplongan dan halaman masjid jami al-barokah kaplongan, diawali dengan do’a bersama, setelah itu para peserta pawai obor mengelilingi jalan Desa setempat dengan berjalan kaki, ada pula yang menggunakan kendaraan, seperti sepeda motor, mobil, ataupun becak, lalu kegiatan ditutup dengan doa.

comments