Panjatkan Doa Bersama untuk Palu, PC PMII Kab. Sukabumi Teguhkan Keyakinan Berbangsa

60

Panjatkan Doa Bersama untuk Palu, PC PMII Kab. Sukabumi Teguhkan Keyakinan Berbangsa

SUKABUMI – Mara bencana yang berkelanjutan melanda negeri ini tak kunjung usai, setelah alam menghakimi Lombok dengan gempa yang mengguncang, kini Sulawesi Tengah, provinsi terbesar di Pulau Sulawesi tepatnya Kab. Palu diguncang pula oleh gempa yang berkekuatan 7.7 SR dan menyebabkan tsunami yang memakan ribuan korban jiwa.

Tak banyak daya dan upaya yang dapat dilakukan oleh manusia saat alam keluar dari siklus keteraturannya. Panjatan doa bersama dilakukan oleh keluarga besar PC PMII Kab. Sukabumi, dengan melaksanakan salat gaib, pembacaan tahlil serta dengan khidmat membacakan Ratib Al-Hadad untuk masyarakat Palu dan sekitarnya. Hal tersebut dilakukan sebagai pemenuhan aspek spiritual yang pada hakikatnya merupakan kebutuhan mendasar manusia, terkhusus masyarakat Indonesia yang memiliki asas kehidupan ketuhanan yang maha esa. Dan sesungguhnya aspek spiritual merupakan mahkota bagi negeri ini dalam mendapatkan kemerdekaannya.

Pelaksanaan Salat Gaib dan Doa Bersama ini dilaksanakan pada pukul 18.30 WIB di Sekretariat PC PMII Kab. Sukabumi dengan dipenuhi 30 orang kader PMII yang terdiri atas Mabincab, Alumni, Pengurus Cabang, Anggota dan Pengurus Komisariat STAI Al-Masthuriyah, serta PMII STISIP Widyapuri Mandiri

PC PMII Kab. Sukabumi menginisiasi kegiatan ini bukan tanpa alasan, Sahabat M Khoer Affandi selaku Ketua PC PMII Kab. Sukabumi mengingatkan kembali kepada semua kader PMII akan pentingnya komitmen membangun keyakinan bersama-sama terhadap visi kebangsaan, karena keyakinan tersebutlah saudara-saudara kita yang sedang dilanda bencana dapat kembali bangkit.
“Salat Ghaib dan Doa bersama ini merupakan komitmen PMII dalam menjalin ukhuwah islammiyah, ukhuwah insaniyah dan ukhuwah wathaniyah. Karena ukhuwah ini akan menguatkan kita pada keyakinan dalam berbangsa, selain bantuan materi, pun kita perlu mendukung moral saudara-saudara kita di Palu dengan keyakinan kita terhadap nilai kebangsaan”. Tegas Sahabat M Khoer Affandi.

Kegiatan ini pun dihadiri langsung oleh Mabincab, dan Alumni PMII Cabang Kabupaten Sukabumi diantaranya Sahabat Ahmad Fadly (Mabincab) Sahabat Riswandi (Ketua PC PMII masa khidmat 2017-2018) serta Sahabat Rusman Nurdiansyah (Ketua PC PMII masa khidmat 2015-2016), adapun salat gaib dipimpin langsung oleh sahabat Rusman Nurdiansyah.

Di akhir Salat Gaib dan Doa Bersama, Sahabat M Khoer Affandi menambahkan, bahwa kejadian ini sesungguhnya suatu peringatan pula untuk kita.
“Kejadian ini juga mengingingatkan bagi kader PMII bahwa sejatinya kita sebagai manusia akan mengalami kematian yang waktu dan tempatnya tidak kita ketahui maka sudah menjadi keharusan bagi kader PMII untuk tetap memupuk dalam dirinya rasa kemanusiaan dan kebangsaan. Semoga saudara-saudara kita di Palu khususnya senantiasa di beri kesabaran dan mendapatkan rahmat serta maghfirah Allah Swt”. Jelasnya, sambil menutup wawancara.

Oleh Ilham Muadz B

comments